Yello Hotel Jambi Peduli Lingkungan Gelar Aksi Word Clean Up Day di Gentala ARASY Pelaku Pembakaran Lahan Ditangkap, Kapolres Sarolangun: Terancam Hukuman 10 Tahun Penjara Komplotan Pencurian Minyak Kondensat PT Pertamina Dibekuk Ditreskrimum Polda Jambi  Ny. Puput Husaini, Bawa IAD Bangka Tengah Juara Pertama Lomba Senam Kreasi Acara Puncak Hari Adat Melayu Jambi ke 2 Dihadiri Langsung Kapolda Jambi 

Home / Berita / Nasional

Senin, 25 September 2023 - 23:10 WIB

Dibuka Presiden Jokowi, Ketua PWI Provinsi Jambi dan DKP Hadiri Langsung Pembukaan Kongres XXV PWI

Dibuka Presiden Jokowi, Ketua PWI Provinsi Jambi dan DKP Hadiri Langsung Pembukaan Kongres XXV PWI

 

JAKARTA – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jambi H Ridwan Agus Depati didampingi Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) PWI Jambi Irjen Pol (Purn) Bambang Suparsono menghadiri langsung pembukaan Kongres XXV PWI yang dibuka langsung Presiden RI Ir H Joko Widodo di Istana Negara, Senin (25/9/23).

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi turut mengajak insan pers Tanah Air untuk terus memegang teguh kode etik jurnalistik.

“Justru inilah (kode etik jurnalistik) nilai plus dari media dan pers. Justru inilah kelebihan media dan pers dibandingkan dengan citizen journalism,” ungkap Presiden Jokowi.

Dilanjutkan Jokowi, insan pers Indonesia tidak boleh terpancing oleh sesuatu yang viral dan hoaks dalam membuat berita yang baik. Kode etik jurnalistik harus selalu dipegang teguh, meski industri media sedang mendapat berbagai tantangan di tengah pesatnya perkembangan dunia digital.

Baca Juga  Di Mako Ditpolairud Polda Jambi, Sang Motivator DR Aqua Dwipayana Disuguhkan Makan Siang Khas Jambi Tempoyak Ikan Patin

“Saya selalu mendengar bisikan-bisikan itu karena makin banyak tantangannya, terutama terkait dengan kemajuan dunia digital dan ini tidak hanya kita rasakan sendiri di Indonesia, tapi semua negara merasakan hal yang sama. Dunia pers-nya makin banyak tantangan karena memang dunia digital ini tidak bisa kita hentikan, tidak bisa juga kita suruh stop,” lanjut Presiden Jokowi.

Orang nomor satu di Indonesia tersebut turut menyampaikan apresiasi kepada seluruh insan pers di Indonesia yang selalu kritis dan cermat dalam memberikan masukan, serta kritik kepada pemerintah. Ia menilai masukan dan kritik tersebut sebagai penambah kekuatan bagi pemerintah.

“Tidak apa-apa dan semua tetap menjadi jamu sehat dan energi tambahan bagi pemerintah. Apalagi, ini makin dekat dengan tahun politik, pasti makin banyak yang tadi saya sampaikan akan keluar,” sambung Presiden.

Baca Juga  Kongres XXV PWI Dibuka, Ini Pesan Presiden Jokowi Terhadap Insan Pers Indonesia  

Selain itu Presiden Jokowi juga meminta PWI untuk terus menjaga profesionalisme insan pers di Tanah Air. Menurut Presiden, PWI sebagai organisasi wartawan tertua dan terbesar di Indonesia dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan pemberitaan yang benar, otentik, berkualitas, dan berimbang.

“Karena memang sekarang ini mestinya berita yang baik itu bukan berita yang asal viral, bukan asal yang sensasional, karena itu justru memicu bertebarannya hoaks yang sampai saat ini masih ada, saya mendapatkan laporan dari Menkominfo kira-kira masih 11 ribu yang bertebaran di dunia digital,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua PWI Provinsi Jambi H Ridwan Agus Depati yang didampingi DKP PWI Provinsi Jambi Irjen Pol (Purn) Bambang Suparsono menyampaikan bahwa untuk Kongres XXV PWI kali ini Provinsi Jambi memiliki Tiga suara dalam pemilihan Ketua Umum PWI Pusat.

” Alhamdulillah, hari ini pembukaan Kongres XXV PWI dibuka langsung oleh Presiden RI Ir H Joko Widodo, ” ujarnya.

Baca Juga  HUT Yamaha Motor Company KE 68, Yamaha Jambi Gelar Yamaha day Riding Experience

Tentunya kita berharap PWI khususnya di Provinsi Jambi terus menjaga profesionalitas dalam bekerja menjalankan tugas sebagai jurnalis sehingga kita tetap memegang teguh kode etik jurnalistik sesuai dengan UU Pers Nomor 40 tahun 1999.

Dijelaskan H Ridwan Agus Depati, untuk dari Provinsi Jambi kita PWI juga diikuti dari PWI Kota Jambi yang mana kedatangan Ketua PWI Kota Jambi dan Pengurus untuk mendengarkan dan melihat langsung jalannya Kongres yang digelar di Kota Bandung Provinsi Jawa Barat selama dua hari tersebut, pungkasnya.

Tampak hadir Ketua PWI Pusat Atal Sembiring Depari, Ketua Dewan Pers, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, serta seluruh Ketua PWI se Indonesia dan DK PWI se Indonesia. (Syah)

Share :

Baca Juga

Berita

Didemo Para Mahasiswa, Kapolda Sumsel Keluar Sendirian Tanpa Dikawal Temui dan Diskusi Bersama

Berita

Tak Hanya Polsek Bathin VIII, Polsek Pelawan Singkut Turut Berikan Bantuan Kepada Anggota KPPS yang Sakit 

Berita

Polda Jambi dan Polsek Bahar Selatan Tangkap Pelaku Ilegal Drilling, Pelaku Merupakan Oknum PNS

Berita

Satu Rumah dan Base Camp Diduga Tempat Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba Digerebek Tim Gabungan Polda Jambi

Berita

514 Personel Satbrimob Polda Jambi Siap Diterjunkan Dalam Pengamanan Pemilu 2024 Mendatang

Berita

Tak Hanya Menangkap Pelaku dan Barang Bukti Narkoba, Polres Sarolangun Turut Amankan Satu Pucuk Senpi Rakitan

Berita

Ditlantas Polda Jambi Lakukan Himbauan Agar Tak Gunakan Pick Up Bawa Orang atau Penumpang 

Berita

Kapolda Sumsel Pimpin Mediasi Antara PT SWA dan Masyarakat Desa Sodong OKI Terkait Sengketa Lahan