Yello Hotel Jambi Peduli Lingkungan Gelar Aksi Word Clean Up Day di Gentala ARASY Pelaku Pembakaran Lahan Ditangkap, Kapolres Sarolangun: Terancam Hukuman 10 Tahun Penjara Komplotan Pencurian Minyak Kondensat PT Pertamina Dibekuk Ditreskrimum Polda Jambi  Ny. Puput Husaini, Bawa IAD Bangka Tengah Juara Pertama Lomba Senam Kreasi Acara Puncak Hari Adat Melayu Jambi ke 2 Dihadiri Langsung Kapolda Jambi 

Home / Berita / Daerah / Sarolangun

Sabtu, 25 November 2023 - 10:54 WIB

Didampingi Pj Bupati, Kapolres Sarolangun Pimpin Langsung Apel Kebangsaan dan Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024

Didampingi Pj Bupati, Kapolres Sarolangun Pimpin Langsung Apel Kebangsaan dan Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024

SAROLANGUN – Dalam rangka mewujudkan Pemilu yang Damai, aman, sejuk, dan Bermartabat tahun 2024, Polres Sarolangun menggelar apel Kebangsaan dan Deklarasi Pemilu Damai bertempat di Lapangan Apel Polres Sarolangun, Sabtu (25/11/23).

Apel Kebangsaan dipimpin langsung Kapolres Sarolangun, AKBP Imam Rachman, S.IK didampingi Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc.

Tampak hadir Ketua DPRD Kabupaten Sarolangun, Ketua Pengadilan Negeri Sarolangun, Kepala Kejaksaan Sarolangun, Ketua Pengadilan Agama Sarolangun, Sekda Kabupaten Sarolangun, Pabung Kodim 0420 Sarko, Ketua dan Komisioner KPU Kabupaten Sarolangun, Ketua dan Pimpinan Bawaslu Kabupaten Sarolangun, PJU Polres Sarolangun, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, dan Tokoh Pemuda Kabupaten Sarolangun, Para Pimpinan Partai Politik Peserta Pemilu 2024 di Wilayah Kabupaten Sarolangun, Para Relawan dan Simpatisan Parpol Capres dan Cawapres, serta Gabungan Personel Pokdar Kamtibmas, OKP/ Ormas, Calon Legislatif / Kader Parpol dari tiap-tiap Parpol , Personel Satpol-PP, Personel Dishub, Personel BPBD, Personel Damkar dan Personel Senkom Pemkab Sarolangun.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Sarolangun AKBP Imam Rachman menyampaikan bahwa hari ini kita semua menikmati hidup di Negara Indonesia, negara yang dibangun atas dasar kesepakatan para pendiri Bangsa, diatas keberagaman Suku Bangsa, Ras dan Agama yang berkomitmen untuk mewujudkan bangsa yang besar dibawah Naungan Pancasila.

Baca Juga  DPO Pengerjaan Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro di Kecamatan Limun Ditangkap Polres Sarolangun

Kondisi Persatuan bangsa Indonesia selalu menghadapi tantangan, salah satu tantangan nyata yang kita hadapi adalah Potensi Perpecahan di saat kita berada dalam suasana Kontestasi Pemilu. fakta dari Pemilu-pemilu sebelumnya, menunjukkan kepada kita bahwa Fenomena Hoax, Politik Identitasdan Politik Adu Domba masih menjadi tantangan dan selalu mewarnai dalam setiap hingga saat ini Kontestasi Politik.

Tapi hari ini, kita semua hadir di lapangan untuk melaksanakan Deklarasi sekaligus Apel Kebangsaan, Damai,dihadapan muncul rasa ini melaksanakan saudara-saudara Optimisme yang sangat tinggi dalam diri saya, bahwa seluruh Peserta Apel yang hadir hari ini, baik dari unsur Partai Politik, Pimpinan Ormas, Relawan, Mahasiswa serta unsur lainnya akan menjadi perekat untuk persatuan kita, dengan semangat Kebangsaan dalam mengarungi Pesta Demokrasi Pemilu 2024 nanti.

” Perbedaan dalam suatu Proses Demokrasi adalah hal biasa, baik perbedaan Partai, perbedaan Pilihan Presiden, perbedaan pilihan Legislatif, merupakan suatu keindahan dan hal yang harus kita karuniai syukuri,” ungkap AKBP Imam Rachman.

Baca Juga  Melawan Saat Akan Ditangkap, Seorang Bapak Tiri Setubuhi Anak di Sarolangun Dilakukan Tindakan Tegas Terukur oleh Polisi

Saya berharap setelah Deklarasi ini nanti diucapkan, ini akan menjadi komitmen kita semua untuk mewujudkan kedamaian selama pelaksanaan Pemilu di Kab. Sarolangun. dan diharapkan seluruh unsur yang terlibat dalam pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 nanti dapat mengaplikasikan pernyataan Deklarasi ini sebagai landasan untuk menciptakan Pemilu yang Aman, Damai, Sejuk dan Bermartabat.

Sementara itu, Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri menyampaikan ucapan Alhamdulillah terima kasih Bapak ibu yang hadir pada kesempatan kegiatan Deklarasi sekaligus Apel Kebangsaan, Damai, hari ini dan para peserta apel sekalian.

” Saya Menilai Apel kegiatan ini merupakan sebuah kegiatan yang sangat luar biasa untuk mensukseskan pemilu tahun 2024,” ujarnya.

Kami berharap rekan rekan yang hadir pada kesempatan ini bisa menjaga situasi di wilayah Kabupaten Sarolangun sehingga pemilihan umum berjalan dengan lancar.

” Saya percaya kita yang hadir disini berkomitmen untuk menjaga keamanan dalam pemilu tahun 2024,” lanjutnya.

Ditambahkan Pj Bupati, dalam rangka pemilu kita harus menjaga pemilu dengan profesional, perbedaan pemilu itu hanya biasa demi bangsa dan negara.

” Kami berharap di pemilu tahun 2024 kita bisa menjaga netralitas seperti TNI/Polri dan ASN dan sama sama kita menjaga pemilu sehingga menciptakan pemilu yang sejuk aman dan damai,” pungkasnya.

Baca Juga  Sukseskan Pemilu Serentak 2024, Polres Sarolangun Siap Kawal Jalanya Pemilu 

Usai dilaksanakan Apel Kebangsaan dilanjutkan dengan Deklarasi Pemilu Damai 2024 serta penandatanganan deklarasi pemilu damai.

Kami Para Tokoh, Penyelenggara Pemilu, Partai Politik, Relawan, Sayap Partai, Ormas, OKP dan Mahasiswa dengan ini mendeklarasikan :

1. Siap menjaga Keutuhan Negara dan Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Hukum Konstitusi 1945.

2. Akan menjaga situasi Aman, Damai, Sejuk dan Bermartabat selama proses Pentahapan Pemilu Serentak Tahun 2024.

3. Membantu Panitia Penyelenggara Pemilu, Pemerintah, Tni dan Polri dalam mensukseskan Tahapan Pemilu Serentak 2024.

4. Tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum serta patuh terhadap ketentuan Peraturan Perundang-undangan, Aturan Kpu, Perda selama rangkaian Tahapan Pemilu Serentak 2024.

5. Mencegah segala bentuk tindakan Kejahatan, Tindakan Anarkhis, tidak melakukan Penyebaran Ujaran Kebencian dan Hoax atas Dasar Sara Intoleransi Radikalisme Agama serta segala bentuk perbuatan yang dapat Memecah Belah Persatuan dan Kesatuan di Provinsi Jambi.

6. Mengutamakan kepentingan masyarakat, Bangsa dan Negara di atas kepentingan Kelompok dan Golongan demi terciptanya situasi Kamtibmas yang Kondusif selama Pemilu Serentak 2024.

(IR)

Share :

Baca Juga

Batanghari

Bhayangkari Peduli Bersama RS Bhayangkara Polda Jambi Gelar Pengobatan Gratis bagi Andikpas LPKA Muara Bulian

Berita

Berantas Peredaran Gelap Narkoba, Ditresnarkoba Polda Jambi Kembali Gagalkan 3 Kilogram Sabu, dan Puluhan ribu Pil Ekstasi 

Berita

Kebersamaan TNI-POLRI, Pemerintah dan Masyarakat Kompak, Kapolda Jambi: Situasi Kondusif saat Malam Pergantian Tahun

Berita

Bentuk Peduli Polri, Ditpolairud Polda Jambi Sediakan Rumah Baca Bagi Anak-anak Pesisir 

Berita

RS Bhayangkara Polda Jambi Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Warga Binaan Lapuanja Sambut Hari Jadi Polwan ke 75

Berita

Ini Profil Kombes Pol Bambang Yugo Pamungkas Yang Kini Jabat Dirreskrimsus Polda Jambi

Berita

Dimakamkan di TMP Satria Bakti, Gubernur Al Haris: Penghormatan Atas Jasa Alm Irjen Pol (Purn) Muchlis Terhadap Negara 

Berita

HUT ke-78 PWI Dihadiri Langsung Menkominfo, Karo Penmas Polri, Ketua Dewan Pers Hingga Utusan dari Malaysia