Yello Hotel Jambi Peduli Lingkungan Gelar Aksi Word Clean Up Day di Gentala ARASY Pelaku Pembakaran Lahan Ditangkap, Kapolres Sarolangun: Terancam Hukuman 10 Tahun Penjara Komplotan Pencurian Minyak Kondensat PT Pertamina Dibekuk Ditreskrimum Polda Jambi  Ny. Puput Husaini, Bawa IAD Bangka Tengah Juara Pertama Lomba Senam Kreasi Acara Puncak Hari Adat Melayu Jambi ke 2 Dihadiri Langsung Kapolda Jambi 

Home / Berita / Daerah / Muaro Jambi

Senin, 14 Agustus 2023 - 19:32 WIB

Dipimpin Dansatgas Karhutla, Dandim 0415 Jambi Dampingi Lakukan Patroli Daerah Rawan

Dipimpin Dansatgas Karhutla, Dandim 0415 Jambi Dampingi Lakukan Patroli Daerah Rawan

MUAROJAMBI – Komandan Kodim 0415/Jambi Letkol Arm Eko Pristiono, SH. M.I.Pol mendampingi Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, S.I.P., M.M selaku Dansatgas Karhutla meninjau lokasi titik rawan bencana kebakaran hutan dan lahan di wilayah Suak Kandis Kab. Ma Jambi, Berbak hingga ke Nipah Kabupaten Tanjab Timur, Senin (14/08/2023).

Patroli dan peninjauan lokasi titik rawan kebakaran hutan dan lahan tersebut dilakukan sebagai bentuk sosialisasi dan himbauan kepada warga masyarakat untuk tidak membakar hutan, lahan/ilalang/semak belukar karena dapat dikenakan sanksi pidana pasal 187 KUHP dengan hukuman selama 10 tahun penjara.

Baca Juga  "Semarak Kemerdekaan", Kodim 0420/Sarko Gelar Berbagai Perlombaan

Dansatgas dan rombongan yang terdiri dari PJU Korem 042/Gapu, Dandim 0415/Jambi, BNPB, BPBD dan Manggala Agni ini sengaja melakukan patroli dengan menggunakan kendaraan roda dua jenis trail agar dapat menjangkau dan menyusuri lokasi yang memang tidak dapat dilalui oleh kendaraan roda 4 atau mobil.

Seperti kita ketahui bersama bahwa dalam beberapa bulan terakhir Provinsi Jambi dilanda panas yang cukup menyengat. Hal ini berpotensi pada luasnya lahan yang mengalami kekeringan akibat kurangnya persediaan/pasokan air yang ada di embung, danau ataupun tempat penampungan buatan lainnya, sehingga kondisi seperti ini dapat memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang relatif lebih cepat.

Baca Juga  Ini Arahan Danrem 042 Gapu Saat Pimpin Apel Gelar Pasukan Pam VVIP Kunker Presiden RI 

Kebakaran hutan dan lahan disinyalir sebagian besar terjadi akibat ulah/kelalaian manusia. Pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab melakukan pembakaran hutan dan lahan demi tujuan dan kepentingan pribadi tanpa memikirkan dampaknya bagi sekitar.

Baca Juga  Danrem 042/Gapu Hadiri Pengukuhan Paskibra Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2023

Sering diulas secara luas di media bahwa kebakaran hutan dan lahan berdampak buruk bagi lingkungan dan makhluk hidup disekitarnya serta aktivitas yang terhambat dan berdampak pada perekonomian.

Oleh karena itu upaya pencegahan melalui sosialisasi dan patroli terus dilakukan agar timbul kesadaran masyarakat tentang karhutla dan dampaknya terhadap perekonomian dan sendi-sendi kehidupan masyarakat. Ketidaksadaran masyarakat bisa menjadi kecerobohan yang menyebabkan hal fatal seperti Karhutla, terang Dandim.

Share :

Baca Juga

Berita

Pelaku Pembakaran Lahan Ditangkap, Kapolres Sarolangun: Terancam Hukuman 10 Tahun Penjara

Berita

Tingkatkan Kemampuan Dalam Jaga Kamtibmas dan Penegakan Hukum Wilayah Perairan, Dit Polairud Polda Jambi Gelar Pelatihan ke Personil

Berita

Pimpin Apel Kesiapan Pengamanan Pemilu di Polres Merangin, Wakapolda Jambi Tekankan Netralitas Polri saat Bertugas Pengamanan Pemilu 

Berita

Puluhan Personil Ditpolairud Polda Jambi Diterjunkan Lakukan Kerja Bakti di Kelenteng Sambut Tahun Baru Imlek 2024

Berita

Pelaksanaan Tes Kesamaptaan Jasmani Calon Taruna Akpol 2024 Dipantau Langsung Kapolda Jambi 

Berita

Omah Kito Resto by WH, Makan Sepuasnya Bisa Milih Siang atau Malam

Berita

Pengamanan Pemilu 2024, Kapolres Kerinci Cek Kesiapan Kelengkapan, Sarana hingga Kesehatan Personil

Berita

Ini Pesan Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono Kepada 263 Siswa Bintara SPN Polda Jambi