Yello Hotel Jambi Peduli Lingkungan Gelar Aksi Word Clean Up Day di Gentala ARASY Pelaku Pembakaran Lahan Ditangkap, Kapolres Sarolangun: Terancam Hukuman 10 Tahun Penjara Komplotan Pencurian Minyak Kondensat PT Pertamina Dibekuk Ditreskrimum Polda Jambi  Ny. Puput Husaini, Bawa IAD Bangka Tengah Juara Pertama Lomba Senam Kreasi Acara Puncak Hari Adat Melayu Jambi ke 2 Dihadiri Langsung Kapolda Jambi 

Home / Berita / Daerah / Kerinci

Rabu, 24 Januari 2024 - 20:54 WIB

Hadiri Persiapan Pelantikan dan Bintek KPPS Pemilu 2024, Kapolres Kerinci Ajak Penyelenggara Berikan Edukasi Jaga Situasi Kamtibmas

Hadiri Persiapan Pelantikan dan Bintek KPPS Pemilu 2024, Kapolres Kerinci Ajak Penyelenggara Berikan Edukasi Jaga Situasi Kamtibmas

 

KERINCI – Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Kerinci AKBP Muhammad Mujib menghadiri langsung Persiapan pelaksanaan Pelantikan dan Training Of Trainers dalam Bimbingan Teknis KPPS Pemilu Tahun 2024, bagi PPK dalam Wilayah Kabupaten Kerinci bertempat di Aula Hotel Grand Kerinci, Kota Sungai Penuh, Rabu (24/1/24).

Tampak hadir dalam kegiatan Bimbingan Teknis Pemilu Tahun 2024 diantaranya Komisioner KPU Provinsi Jambi an. Faulrozi, Ketua KPUD Kabupaten Kerinci, Komisioner KPUD Kabupaten Kerinci, Sekretaris KPUD Kabupaten Kerinci, Pasi Intel Kodim 0417 Kerinci, Lettu Infr. Tanjibar, Kabid Politik Kesbangpol Kabupaten Kerinci, serta diikuti Peserta sebanyak 90 Orang dari PPK.

Ketua KPUD Kabupaten Kerinci dalam sambutannya sekaligus membuka acara menyampaikan bahwa kegiatan Training of Trainers Fasilitator PPK dan PPS ini untuk Persiapan Bimbingan Teknis KPPS dalam Pemilu 2024.

Baca Juga  Sambang Nusa Presisi, Ditpolairud Polda Jambi Buka Puasa Bersama Anak-anak Mesjid Al Ikhlas Angso Duo

Kegiatan Training of Trainers Fasilitator PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan PPS (Panitia Pemungutan Suara) yang diadakan hari ini bertujuan untuk mempersiapkan bimbingan teknis bagi KPPS guna mengatasi kemungkinan masalah yang mungkin timbul selama hari pemilihan dan penghitungan suara nantinya.

” Hal ini akan membantu meningkatkan kualitas pelaksanaan pemilihan serta mengurangi kemungkinan terjadinya masalah yang dapat mengganggu integritas dan validitas proses pemilihan dan penghitungan suara,” ungkapnya.

Selain itu, kegiatan Training of Trainers Fasilitator PPK dan PPS merupakan langkah penting dalam mempersiapkan pemilu tahun 2024.

Sementara itu, Kapolres Kerinci AKBP Muhammad Mujib dalam sambutannya menyampaikan bahwa, kami dari Polres Kerinci mohon kerjasama untuk menciptakan situasi yang kondusif di wilayah Hukum Polres Kerinci terutama dalam menghadapi Pemilu Serentak 2024.

” Kami berharap dari KPUD, PPK, PPS dan KPPS bisa memberikan edukasi juga kepada Masyarakat untuk selalu menjaga Situasi Kamtibmas,” ujar Kapolres.

Baca Juga  Bertugas sebagai Komandan Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Ini Profil Kombes Pol Andri Ananta Yudhistira 

Selanjutnya, Alumni Akpol angkatan 2004 tersebut menambahkan, dalam menghadapi pemilihan umum, persiapan yang matang sangat penting untuk memastikan proses berlangsung dengan lancar dan adil.

Training of Trainers Fasilitator PPK dan PPS bertujuan untuk membekali para fasilitator dengan pengetahuan dan keterampilan keterampilan komunikasi, manajemen konflik dan Jaga Netralitas Penyelenggara di wilayah masing-masing.

” Diharapkan pemilihan umum tahun 2024 dapat berjalan dengan sukses dan tanpa hambatan yang signifikan,” sambungnya.

Kami dari Polres Kerinci turut menghimbau kepada Penyelenggara Pemilu Tahun 2024, seperti PPK, PPS dan KPPS jangan sampai kita jadi pelaku Pelanggaran Pemilu atau pidana, pungkas AKBP Muhammad Mujib.

Selanjutnya, Komisioner Provinsi Jambi dalam penyampaiannya menyampaikan bahwa bimbingan teknis kepada anggota KPPS di tingkat kecamatan dan tingkat pemungutan suara nantinya peserta akan diberikan pemahaman mendalam tentang peraturan dan prosedur pemilihan serta tugas-tugas yang harus dilakukan oleh anggota KPPS.

Baca Juga  Jelang Berbuka Puasa, Polres Kerinci Bersama Bhayangkari Bagi-Bagi Takjil Gratis ke Masyarakat

Mereka akan belajar tentang tata cara pemungutan suara, penghitungan suara, penanganan surat suara rusak atau tidak sah, serta penanganan masalah potensial lainnya yang mungkin muncul selama proses pemilihan.

Fasilitator juga akan dilatih dalam keterampilan komunikasi dan manajemen konflik, akan mempelajari cara menyampaikan informasi dengan jelas dan efektif kepada anggota KPPS, serta bagaimana mengatasi perbedaan pendapat atau konflik yang mungkin timbul selama tugas pemilihan berlangsung.

” Dengan melibatkan fasilitator yang terampil dan terlatih, diharapkan bimbingan teknis dapat disampaikan secara efektif kepada anggota KPPS di tingkat kecamatan dan tingkat pemungutan suara,” ujarnya.

Peningkatan kompetensi para fasilitator, diharapkan anggota KPPS akan mendapatkan pembimbingan yang baik sehingga mereka dapat menjalankan tugas mereka dengan profesionalisme dan akurat. (IR)

Share :

Baca Juga

Berita

Ditinggalkan Pelaku, 3 Kilogram Sabu Tak Bertuan Dalam Mobil Diamankan Polresta Jambi

Berita

Pimpin Sertijab Kabag SDM, Ini Pesan Kapolres Kerinci AKBP Muhamad Mujib

Berita

Polres Sarolangun Siap Amankan Pemilu 2024, Kapolres Pimpin Langsung Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata

Berita

Kapolres Kerinci AKBP M Mujib Pantau Langsung Lokasi Longsor di Polsek Gunung Kerinci

Berita

Sosialisasikan Tertib Berlalu Lintas, Ditlantas Polda Jambi Kembali Sambangi Siswa SD dan SMP

Berita

Sambut Bulan Suci Ramadhan, Pelindo Jambi Lakukan Kegiatan Sosial Bersih-bersih Mesjid di Pelabuhan 

Berita

Sukses Gelar Lomba Burung Piala Danyonif Raider 142 KJ, Mayor Inf Dwi Djunaidi: Semoga TNI Makin Dicintai Masyarakat

Berita

Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 78, Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Jambi Gelar Lomba bersama Warga SAD