Yello Hotel Jambi Peduli Lingkungan Gelar Aksi Word Clean Up Day di Gentala ARASY Pelaku Pembakaran Lahan Ditangkap, Kapolres Sarolangun: Terancam Hukuman 10 Tahun Penjara Komplotan Pencurian Minyak Kondensat PT Pertamina Dibekuk Ditreskrimum Polda Jambi  Ny. Puput Husaini, Bawa IAD Bangka Tengah Juara Pertama Lomba Senam Kreasi Acara Puncak Hari Adat Melayu Jambi ke 2 Dihadiri Langsung Kapolda Jambi 

Home / Berita / Daerah / Nasional / Pemerintahan

Rabu, 21 Februari 2024 - 00:13 WIB

Ini Penyampaian Presiden RI Ir H Joko Widodo kepada Insan Pers saat Hadiri Puncak Peringatan HPN 2024

Ini Penyampaian Presiden RI Ir H Joko Widodo kepada Insan Pers saat Hadiri Puncak Peringatan HPN 2024

JAKARTA – Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang diperingati setiap tanggal 09 Februari ini menjadi pijakan jurnalisme ditanah air. Peringatan ini sekaligus merayakan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (HUT PWI) yang dibentuk sejak 1946.

Peringatan HPN menjadi salah satu hasil dari Kongres PWI ke-28 yang berlangsung di Padang pada 1978. Awalnya, hal ini tercetus dari keinginan tokoh-tokoh pers untuk memperingati eksistensi dan peran pers Indonesia dalam lingkup nasional.

Acara HPN ke-78 ini bertema “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa” yang dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo bertempat di Kawasan Ancol Gedung Ecopark, DKI Jakarta, Selasa (20/02/2024).

Baca Juga  Pemilu 2024, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Gunakan Hak Pilih

Dalam sambutan dan arahannya Presiden Jokowi mengapresiasi insan pers yang selalu konsisten memberikan informasi kepada masyarakat dan juga mengawal proses demokrasi yang telah berlalu ini.

“Saya sampaikan selamat Hari Pers Nasional 2024, saya juga mengucapkan terima kasih kepada insan pers yang terus konsisten menemani masyarakat dalam mengendalikan demokrasi. Terima kasih insan pers sudah mengawal Pemilu 2024 yang baru saja kita jalani,” ujar Presiden Jokowi.

Kemudian Presiden Jokowi mengungkapkan telah menandatangani Peraturan Presiden tentang Tanggung Jawab Platform Digital yang mendukung Jurnalisme yang berkualitas.

Jokowi juga mengungkapkan telah menandatangani Peraturan Presiden tentang Tanggung Jawab Platform Digital untuk Mendukung Jurnalisme yang Berkualitas. Dimana sebelumnya telah mendengarkan aspirasi dari rekan-rekan pers baik itu media konvensional maupun digital.

Baca Juga  Bertolak ke Jakarta, Ketua PWI Kota Jambi Diagendakan Hadiri Puncak Peringatan HPN 2024 Yang Dibuka Presiden RI

Selain itu, Presiden Jokowi turut menyampaikan pesan pada Puncak Peringatan HPN diantaranya adalah pers harus tetap menjadi penjaga utama demokrasi. Pers adalah tempat di mana kebenaran harus bersinar terang serta mengajak para insan pers untuk terus berinovasi dalam menyampaikan informasi yang jernih dan akurat.

” Karya-karya jurnalistik haruslah menghadirkan fakta apa adanya, tanpa bumbu-bumbu yang mengada-ada atau asumsi yang tidak jelas,” lanjut Presiden.

Selanjutnya Presiden juga menyampaikan pentingnya inovasi dalam industri pers, yang mana dalam kesempatan ini pula saya mengajak seluruh industri pers untuk melakukan langkah-langkah strategis yang inovatif.

” Kita harus adaptif dalam menghadapi perubahan zaman agar tetap relevan di era persaingan global,” pungkasnya.

Baca Juga  Ihsan Yunus Serahkan Bantuan Mesin Pertanian Senilai 2 Miliar Rupiah

Tak hanya Presiden RI Ir H Joko Widodo, tampak hadir Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, dan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Gubernur Jambi DR H Al Haris serta tokoh penting pers seperti Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu dan Ketua PWI Hendry Ch Bangun, juga seluruh PWI se-Indonesia, Ketua SMSI Pusat, Ketua SMSI Provinsi Jambi Mukhtadi Putra Nusa dan Organisasi Pers yang ada di Indonesia serta tampak hadir pula Ketua PWI Provinsi Jambi H Ridwan Agus Depati, dan Pengurus PWI Kota Jambi. (***)

Share :

Baca Juga

Berita

Ditetapkan KPU Sebagai Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati, MBZ Siap Berlaga di Pilbup dan Optimis Raih Kemenangan

Berita

Kunker Komisi III DPR RI Apresiasi Kinerja Polda Jambi dalam Penindakan Ilegal Drilling, PETI Hingga Narkotika

Berita

Ditreskrimsus Polda Jambi Bekuk Pria Sebar Video Syur Mantan Pacar di Medsos Berdalih Sakit Hati Diputusi

Berita

Lomba Burung Berkicau Ronggolawe Nusantara Jambi Bersama Romi Haryanto Sukses Digelar

Berita

1,6 Kg Sabu dan 10 Pelaku Berhasil Ditangkap Satresnarkoba Polresta Jambi Dalam Sepekan 

Berita

Peringatan HUT RI ke 79, Kapolda Irjen Pol Rusdi Hartono Dampingi Gubernur Jambi Lakukan Penyerahan Remisi ke Napi Lapas Kelas II A Jambi

Berita

Buka Talent Pool Pemkot Jambi, Staf Ahli Moncar : “Untuk Mengidentifikasi Kapasitas dan Kapabilitas Pejabat

Berita

Perkuat Sinergisitas, Polda Jambi Gelar Olahraga Bersama TNI-Polri Sambut Hari Bhayangkara ke 78