Yello Hotel Jambi Peduli Lingkungan Gelar Aksi Word Clean Up Day di Gentala ARASY Pelaku Pembakaran Lahan Ditangkap, Kapolres Sarolangun: Terancam Hukuman 10 Tahun Penjara Komplotan Pencurian Minyak Kondensat PT Pertamina Dibekuk Ditreskrimum Polda Jambi  Ny. Puput Husaini, Bawa IAD Bangka Tengah Juara Pertama Lomba Senam Kreasi Acara Puncak Hari Adat Melayu Jambi ke 2 Dihadiri Langsung Kapolda Jambi 

Home / Berita / Daerah / Kota Jambi

Senin, 12 Februari 2024 - 15:33 WIB

Kapolda Jambi Sampaikan Saran dan Pandangan Terkait Situasi Kamtibmas Pemilu saat Rapat Forkopimda 

Kapolda Jambi Sampaikan Saran dan Pandangan Terkait Situasi Kamtibmas Pemilu saat Rapat Forkopimda

 

JAMBI – Kapolda Jambi, Irjen Pol. Rusdi Hartono mengikuti Rapat Forkopimda Se-Provinsi Jambi dalam rangka persiapan Pemilu Tahun 2024 pada Senin, (12/02/2024).

Hadir pada kegiatan tersebut Gubernur Jambi H. Al-Haris, Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto, Danrem 042/Gapu Jambi Brigjen TNI Rachmad, Plt. Kepala Kejaksaan Tinggi Jambi, Enen Saribanon, Sekda Prov. Jambi, H. Sudirman, dan Karo Ops Polda Jambi Kombes Pol Yudo Nugroho Sugianto.

Baca Juga  Pimpinan Ombudsman RI, Robert Na Endi Jaweng, Berikan Anugrah Opini Pengawasan Pelayanan Publik di Provinsi Jambi

Kegiatan yang dipimpin Gubernur Jambi tersebut dilaksanakan guna membahas peran aktif Forkompimda dalam mendeteksi secara cepat potensi gangguan keamanan dan ketertiban Jelang Pemungutan suara Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah Serentak serta Isu-isu Aktual di Provinsi Jambi Tahun 2024.

Dalam kesempatan tersebut Kapolda Jambi turut memberikan saran dan pandangannya terkait situasi keamanan yang bisa terjadi saat pemilihan umum 2024 berlangsung.

Dikatakannya bahwa kerawanan akan terjadi apabila ada pemilihan ulang (PSU), perlu antisipasi agar hal tersebut tidak terjadi.  Selain itu tahap penghitungan suara di TPS perlu diantisipasi. Pemda telah menyiapkan linmas untuk pengamanan, harap di ploting dan diberdayakan potensinya.

Baca Juga  Sidak ke Pasar Angso Duo, Kapolresta Jambi Pastikan Kebutuhan Pokok Cukup dan Harga Sembako Stabil saat Ramadhan

Jenderal Bintang Dua tersebut juga menyampaikan bahwa Demonstrasi massa, dan Intimidasi dalam hal pemilihan menjadi kerawanan lain menjelang pemilihan. Eskalasi Polarisasi bisa terjadi yang dimulai dari tahap perbedaan pandangan ditengah Masyarakat, kemudian yang kedua sumbatan komunikasi yang terjadi karena berita hoax, tahap ketiga adalah diskriminasi.

Baca Juga  Pengurus RN DPW Jambi Pastikan Tidak Ada Titipan Pada Lomba Burung Berkicau Piala Danyonif Raider 142 KJ

“Apabila 3 tahap tersebut telah terjadi, kemungkinan akan muncul tahap ke empat yaitu Konflik yang perlu kita hindari bersama,” jelas Kapolda Jambi.

Selanjutnya, Polda Jambi tidak akan ragu untuk menindak tegas hal-hal yang sifatnya memecah belah, mengganggu keberagaman, persatuan, Kebhinekaan Negara Kita. Kebersamaan, sinergitas, dan solidaritas seluruh elemen bangsa harus terus bersama demi Pemilu 2024 yang aman, damai, jujur, dan adil.

Share :

Baca Juga

Berita

96 Perwira Tinggi TNI Dimutasi, Pangdam II Sriwijaya Dijabat Mayjen TNI Yanuar Adil 

Berita

Danrem 042/Gapu Ikuti Upacara Tabur Bunga pada peringatan Harkitnas ke-116 Tahun 2024

Berita

Rakernis Polairud Baharkam Polri Tahun 2024 Turut Diikuti Dir Polairud Polda Jambi

Berita

Gerak Cepat Polres Sarolangun Kurang dari 12 Jam Tangkap Pelaku Pembunuhan di Lubuk Napal

Berita

Lepas Mayor Inf Edi Arman Pindah Satuan, Ini Pesan Dandim 0415 Jambi 

Berita

Pelaku Pengeroyokan antar Siswa di Mandiangin Menyerahkan diri ke Polres Sarolangun

Berita

Ditreskrimum Polda Jambi Amankan Puluhan Motor Tanpa Surat Asal Jakarta, Ini Daftar Kendaraannya

Berita

Tak Hanya Menangkap Pelaku dan Barang Bukti Narkoba, Polres Sarolangun Turut Amankan Satu Pucuk Senpi Rakitan