Yello Hotel Jambi Peduli Lingkungan Gelar Aksi Word Clean Up Day di Gentala ARASY Pelaku Pembakaran Lahan Ditangkap, Kapolres Sarolangun: Terancam Hukuman 10 Tahun Penjara Komplotan Pencurian Minyak Kondensat PT Pertamina Dibekuk Ditreskrimum Polda Jambi  Ny. Puput Husaini, Bawa IAD Bangka Tengah Juara Pertama Lomba Senam Kreasi Acara Puncak Hari Adat Melayu Jambi ke 2 Dihadiri Langsung Kapolda Jambi 

Home / Berita / Daerah / Kota Jambi

Rabu, 14 Februari 2024 - 22:51 WIB

Kemenkumham Jambi Pastikan Warga Binaan Dapat Gunakan Hak Pilih Dalam Pemilu 2024

Kemenkumham Jambi Pastikan Warga Binaan Dapat Gunakan Hak Pilih Dalam Pemilu 2024

Jambi – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jambi pastikan para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang terdapat di 11 Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)/Rumah Tahanan (Rutan) yang ada di Provinsi Jambi menggunakan hak suaranya dalam Pemilihan Umum Tahun 2024. Adapun total keseluruhan jumlah TPS (Tempat Pemungutan Suara) yang disediakan yakni 19 TPS.

Berdasarkan data dari Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jambi, adapun jumlah WBP di Lapas/Rutan secara keseluruhan di wilayah Jambi yakni 5.231 orang.

Data per Bulan Juni Tahun 2023, jumlah Daftar Pemilih Tetap(DPT) awal yakni 3933 orang. Namun seiring berjalannya waktu terdapat perubahan jumlah DPT. Jumlah DPT saat ini (Pemilih yang sudah didaftarkan dan ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan masih aktif berada di dalam UPT) berjumlah 2654 orang. Perubahan ini terjadi dikarenakan banyaknya WBP yang “sudah bebas” sebanyak 1279 orang.

Baca Juga  Buka Puasa Bersama Pengurus, Ketua SMSI Mukhtadi Putra Nusa : HUT ke 7, Kita Kembali Raih Rekor Muri ke 3

Sedangkan, untuk jumlah Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) yakni pemilih pindahan yang sudah terdaftar dalam DPT dan pindah kedalam UPT tersebut baik dengan skema mutasi, maupun penghuni baru yang sebelumnya terdaftar di luar UPT berjumlah 1723 orang.

Selanjutnya, jumlah DPK (Daftar Pemilih Khusus) sebanyak 529 orang. DPK ini ada karena masih terdapat WBP yang masih memiliki NIK Ganda, dan sulitnya menghubungi pihak keluarga WBP untuk mendapatkan Informasi tentang data WBP.

Baca Juga  Tegaskan Netral di Pemilu 2024, Polri Minta Masyarakat Tak Sebar Hoax

Guna melancarkan pelaksanaan Pemilu pada tanggal 14 Februari 2024, pada 19 TPS yang tersebar di Provinsi Jambi melibatkan 126 orang sebagai KPPS dan 40 orang sebagai anggota Linmas. Semuanya merupakan petugas Lapas di Lapas/Rutan se-Provinsi Jambi.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jambi, Adnan menegaskan dan memastikan bahwa Seluruh WBP yang ada di 11 Lapas/Rutan di Provinsi Jambi dapat menggunakan Hak Pilihnya dalam Pemilu Tahun 2024. Hal ini juga didukung dengan penyediaan sarana dan prasarana TPS yang sudah dipersiapkan.

“Saya tegaskan dan pastikan bahwa seluruh WBP yang ada di seluruh Lapas/Rutan se-Provinsi Jambi dapat menggunakan Hak Pilihnya dalam Pemilu Tahun 2024. Apabila ada hal atau kendala yang ditemukan dalam pelaksanaannya, tolong laporkan kepada saya dan akan kami tindak lanjuti.”, tegas Adnan.

Baca Juga  Pemilu 2024, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Gunakan Hak Pilih

Terkait pengamanan seluruh Lapas/Rutan yang ada di Provinsi Jambi, Kemenkumham Jambi sudah menjalin koordinasi dan kerja sama dengan pihak Kepolisian dan TNI hingga sampai selesai pelaksanaan Pemilu. Semoga pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 di seluruh Lapas/Rutan di Provinsi Jambi dapat berjalan dengan baik dan Lapas/Rutan tetap dalam keadaan kondusif. Kepada seluruh petugas kami dilapangan juga kami perintahkan untuk dapat mengikuti arahan pimpinan yakni agar selalu bersikap dan menjaga netralitas dalam Pemilu.

Share :

Baca Juga

Berita

Kantor SMSI Sambangi Kantor SMSI Provinsi Jambi, Dansat Brimob: Hanya Bersilaturahmi dan Perkuat Sinergisitas

Berita

Perdana, Pesta Rakyat Bhayangkara Akan Digelar Serentak bersama 5 Polres Jajaran Polda Jambi

Berita

Pasca Pemilu, Kapolres Kerinci Perintahkan Kapolsek Perkuat Keamanan Kecamatan Gunung Raya dan Bukit Kerman

Berita

Kunjungan Kerja Pangdam II Sriwijaya ke Kodim 0415 Jambi Disambut Dandim Letkol Arm Eko Pristiono

Berita

Dua Pelaku TPPO Berhasil Diamankan Polres Merangin, AKBP Ruri Roberto: Korbannya Dibawah Umur

Berita

Anak Seberang Kota Jambi yang Sukses Berkiprah di Jakarta, Ini Sosok Mohammad Indrawan Husairi

Berita

Kerap Resahkan Masyarakat, Ditreskrimsus Polda Jambi Gulung Komplotan Penipuan Lewat Handphone

Berita

Peduli Bagi Insan Pers, Gubernur Jambi Al Haris Turut Hadiri Puncak HPN yang Dibuka Presiden RI