Yello Hotel Jambi Peduli Lingkungan Gelar Aksi Word Clean Up Day di Gentala ARASY Pelaku Pembakaran Lahan Ditangkap, Kapolres Sarolangun: Terancam Hukuman 10 Tahun Penjara Komplotan Pencurian Minyak Kondensat PT Pertamina Dibekuk Ditreskrimum Polda Jambi  Ny. Puput Husaini, Bawa IAD Bangka Tengah Juara Pertama Lomba Senam Kreasi Acara Puncak Hari Adat Melayu Jambi ke 2 Dihadiri Langsung Kapolda Jambi 

Home / Berita / Nasional

Jumat, 11 Agustus 2023 - 09:57 WIB

Polisi Cerdas, Polisi Hebat, Polisi Presisi, Anggota Komisi III DPR RI Apresiasi Kinerja Kapolda Sumsel

Polisi Cerdas, Polisi Hebat, Polisi Presisi, Anggota Komisi III DPR RI Apresiasi Kinerja Kapolda Sumsel

SUMSEL – Anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan melakukan kunjungan kerja ke Polda Sumatera Selatan dalam rangka melihat dan mendengarkan langsung kinerja Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (10/8/23).

Kedatangan Anggota Komisi III DPR RI tersebut disambut langsung Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo beserta Pejabat Utama Polda Jambi.

Usai mendengarkan langsung pemaparan dan yang disampaikan Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo langsung mendapat respon positif dari anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan.

” Kita apresiasi kerja hebat Kapolda Sumsel dan jajaran yang mana hari ini saya melihat antar lembaganya hadir yang dipersiapkan sedemikian rupa dan luar biasa, ” ujarnya.

Tidak hanya itu saja Arteria Dahlan juga menyebutkan bahwa apa yang dipaparkan Kapolda Sumsel sudah sangat luar biasa disampaikan secara detail, terstruktur dan mudah dipahami dan tidak hanya bagus di tulisan namun menguasai materi.

Baca Juga  Kunker Komisi III DPR RI Apresiasi Kinerja Polda Jambi dalam Penindakan Ilegal Drilling, PETI Hingga Narkotika

” Ini mungkin pertemuan pertama, yang dialektikanya tidak hanya kebangsaan tapi ilmiah, kita semua bicara pakai fakta pakai data pakai angka-angka sehingga semuanya terlihat objektif apa yang disampaikan Pak Kapolda Sumsel, ” lanjutnya.

Mudah-mudahan Pak Kapolri bisa melahirkan pak Kapolda-kapolda baru seperti ini yang maba Pak Kapolda Sumsel memahami betul apa yang beliau katakan dan tahu betul apa yang diperbuat anak buahnya dan utamanya lagi banyak sekali isu-isu yang beliau pahami secara detail.

” Tadi kita bicara di Ditreskrimsus terkait ilegal logging, ilegal maining, ilegal fishing, tidak hanya mengenai perbuatan materilnya tapi karakter perbuatannya yang kemudian akibatnya hingga potensi kerugian negaranya, orangnya pelakunya, itu bisa dijelaskan secara detail tanpa membaca,”.

Baca Juga  Reses ke Polda Jambi, Komisi III DPR RI: Terhadap Pengguna Narkotika Lakukan Asesment dan Hukum Berat Bandarnya 

Ini yang saya katakan ” Polisi Cerdas, Polisi Hebat, Polisi Presisi ” sambung Anggota Komisi III DPR RI.

Selain itu kita juga berbicara terkait pertanahan, Pak Kapolda Sumsel juga tau bagaimana cara mengatasinya, yang mana tadi kita sudah ingatkan masalah pertanahan ini.

” Tidak bicara mengenai sertifikat, kita bicaranya, akal sehat hati nurani yang tulus yang mana rakyat tidak punya akses ke sertifikat, rakyat tidak punya akses ke kekuasaan sehingga akan sulit jika selalu berbicara mana sertifikatnya, mana warganya,” lanjut Arteria Dahlan.

Tadi Pak Kapolda sudah menghasilkan langkah cerdas dengan melakukan mediasi antara dua pihak yang bersengketa, pemangku kebijakannya BPN dan pemerintah kabupatennya dihadirkan dan mudah-mudahan bisa jadi contoh dan rakyatnya mau untuk diselesaikan.

Baca Juga  Kapolda Sumsel Pimpin Mediasi Antara PT SWA dan Masyarakat Desa Sodong OKI Terkait Sengketa Lahan

Lebih lanjut Anggota Komisi III DPR RI menyebutkan banyak hal lain yang harus diselesaikan seperti narkoba yang mana di Provinsi Sumatera Selatan tingkat referensinya 5,4 persen dengan jumlah penduduk 8,6 juta sekian sehingga kurang lebih 400 ribuan yang terpapar dalam penyalahgunaan narkoba.

” Ini tidak mudah untuk diceritakan kalau Kapoldanya tidak paham, ini sangat kita apresiasi, ” katanya.

Selain itu pula terkait Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), apresiasi Sumsel nomor dua untuk menjadi pelopor penegakan hukum pencegahan tindak pidana perdagangan orang.

” Dalam penegakan hukum juga harus humanis, harus mengedepankan penghormatan antar lembaga sehingga penegakan hukum bisa diterima semua pihak tidak hanya secara nyaman tapi bisa berkepastian,” pungkasnya. (IR).

Share :

Baca Juga

Berita

Polres Sarolangun Siap Amankan Pemilu 2024, Kapolres Pimpin Langsung Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata

Berita

Jelang Buka Puasa, Dirresnarkoba Turun ke Jalan Bagikan Takjil ke Warga Melintas depan Mapolda Jambi

Batanghari

Tingkatkan Pemanfaatan Sumber Daya Lahan, Dandim 0415 Dampingi Danrem 042 Gapu Tinjau Optimaliasi Lahan

Berita

Danrem 042 Gapu Bacakan Amanat Panglima TNI saat Upacara Bulanan

Berita

Ini Pesan Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono Kepada 263 Siswa Bintara SPN Polda Jambi

Berita

Ini Strategi Danrem 042 Gapu saat Paparan Dihadapan Kepala BNPB RI Tangkal Bencana Karhutla di Jambi

Berita

Pimpin Sertijab Dua Pejabat Utama dan Tiga Dandim Jajaran Korem 042 Gapu, Ini Amanat Brigjen TNI Supriono

Berita

Usai Ditetapkan Sebagai Tersangka, Nahkoda Kapal Tabrak Jembatan Batanghari Satu Ditahan