Yello Hotel Jambi Peduli Lingkungan Gelar Aksi Word Clean Up Day di Gentala ARASY Pelaku Pembakaran Lahan Ditangkap, Kapolres Sarolangun: Terancam Hukuman 10 Tahun Penjara Komplotan Pencurian Minyak Kondensat PT Pertamina Dibekuk Ditreskrimum Polda Jambi  Ny. Puput Husaini, Bawa IAD Bangka Tengah Juara Pertama Lomba Senam Kreasi Acara Puncak Hari Adat Melayu Jambi ke 2 Dihadiri Langsung Kapolda Jambi 

Home / Berita / Daerah / Kota Jambi

Kamis, 5 Oktober 2023 - 00:11 WIB

Terkait Indeks Potensi Kerawanan di Provinsi Jambi Jelang Pemilu, Ini kata Irjen Pol Rusdi Hartono

Terkait Indeks Potensi Kerawanan di Provinsi Jambi Jelang Pemilu, Ini kata Irjen Pol Rusdi Hartono

JAMBI – Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono mengatakan menjelang Pemilu 2024 ini pihaknya telah mempunyai indeks potensi rawan pemilu.

Hal ini disampaikan Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono usai pimpin apel Operasi Mantap Brata (OMB) 2023-2024 di lapangan Polresta Jambi. Rabu, 4 Oktober 2023.

Apel ini digelar untuk melihat kesiapan pasukan dan sarana prasana (Sarpras) menjelang pengamanan menghadapi Pemilu 2024.

Baca Juga  Polda Jambi Ikuti Doa Bersama Lintas Agama Pengamanan Pemilu Bersama ASDM Polri secara Zoom Meeting 

Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono menjelaskan pihaknya telah bekerja sama dengan Mabes Polri memetakan wilayah mana saja terjadi rawan pemilu menjelang pesta demokrasi nanti.

“Untuk di Provinsi Jambi sendiri, tidak ada daerah yang termasuk rawan pemilu. Walaupun demikian kita tidak boleh under estimated dan menganggap lemah wilayah tersebut kita harus siap menghadapinya,” ujar Kapolda Jambi.

Kapolda Jambi menyebutkan pihaknya juga telah melakukan pemetaan TPS mana saja yang berpotensi rawan pada Pemilu 2024 nanti.

“Masing-masing dengan kategorinya ini memiliki sistem pengamanan yang berbeda sudah diatur ketentuannya dari mabes polri untuk diterapkan di lapangan,” sebutnya.

Baca Juga  Ditlantas Polda Jambi Surati Pemkot Terkait Truk dan Box Tidak Mengisi BBM di SPBU dalam Kota

Maka dari itu, agar operasi Mantap Brata yang dimulai 19 Oktober 2023 dalam rangka pengamanan Pemilu ini butuh strategi jitu untuk diterapkan di lapangan oleh presonel.

Pertama, kuatkan sinergitas dengan TNI, penyelenggara pemilu, Instansi terkait dan masyarakat.

Kedua, dalam melakukan tugas personel harus memegang teguh dengan protap yang ditentukan. Sebab, jika dengan bekerja protap diyakini dapat dilaksanakan dengan baik.

Baca Juga  Awasi Penyelenggaraan Jalan di Jambi, Kaper Ombudsman Jambi Kunjungi BPJN

Ketiga, tentunya yang perlu dicermati bersama Polri dengan Instansi yang lainnya bisa mendewasakan masyarakat di dalam pesta demokrasi itu nanti. Karena belakangan ini, berita banyak di media sosial ada yang benar dan ada juga yang tidak benar.

“Semua ini jika tidak dikelola dengan baik kepada masyarakat dalam Pemilu 2024 nanti maka akan memunculkan hal hal yang tidak diinginkan. Maka dari itu, Proses ini menjadi tanggung jawab kita bersama sehingga bisa berjalan dengan baik,” tandasnya. (IR)

Share :

Baca Juga

Berita

Tim Itwasda Polda Jambi Lakukan Pengawasan dan Pemeriksaan di Mako Ditpolairud

Berita

Bersama BPJS Ketenagakerjaan, LPKNI Sosialisasikan BPJS Ketenagakerjaan Bukan Penerima Upah 

Berita

Sinergi Industri: Pelindo Regional 2 Jambi dan PetroChina Tingkatkan Layanan

Berita

Pelayanan Pajak di Samsat Jambi Sudah Lebih Baik, Petugas Berikan Layanan Prima ke Masyarakat

Berita

Sidak ke Pasar Tradisional Sanggaran Agung, Kapolres Kerinci Pastikan Bahan Pokok Cukup Saat Ramadhan

Berita

Tipu Warga Jambi, Sepasang Pasutri Warga Kalimantan Ditangkap Tim Subdit V Cyber Ditreskrimsus Polda Jambi 

Berita

Lulusan Tercepat dan Tebaik, Dirreskrimsus Polda Jambi Raih Gelar Doktor Ilmu Hukum Termuda 

Berita

Jalin Silaturahmi dengan Perguruan Tinggi: Pengurus SMSI Provinsi Jambi Bertemu Rektor UNJA