Yello Hotel Jambi Peduli Lingkungan Gelar Aksi Word Clean Up Day di Gentala ARASY Pelaku Pembakaran Lahan Ditangkap, Kapolres Sarolangun: Terancam Hukuman 10 Tahun Penjara Komplotan Pencurian Minyak Kondensat PT Pertamina Dibekuk Ditreskrimum Polda Jambi  Ny. Puput Husaini, Bawa IAD Bangka Tengah Juara Pertama Lomba Senam Kreasi Acara Puncak Hari Adat Melayu Jambi ke 2 Dihadiri Langsung Kapolda Jambi 

Home / Berita / Daerah / Kota Jambi

Senin, 11 September 2023 - 17:00 WIB

Dandim 0415/Jambi : Unsur Pimpinan Bawah harus meningkatkan Pengawasan Melekat

Dandim 0415/Jambi : Unsur Pimpinan Bawah harus meningkatkan Pengawasan Melekat

JAMBI – Komandan Kodim 0415/Jambi Letkol Arm Eko Pristiono, SH., M.I.Pol menekankan kepada para Danramil dan Perwira Staf sebagai bagian dari unsur pimpinan bawah agar meningkatkan pengawasan melekat (waskat) sebagai bentuk implementasi dari tingkat kepedulian dan rasa tanggung jawab masing-masing, sehingga tugas pokok yang diembannya dan tujuan organisasi dapat tercapai secara optimal.

Hal tersebut disampaikan Dandim saat menyelenggarakan kegiatan pengarahan usai pelaksanaan upacara bendera mingguan di lapangan upacara dan lapangan apel Makodim 0415/Jambi, Senin (11/09/2023).

Baca Juga  Dirreskrimsus Polda Jambi Turun Langsung Ke TKP Karhutla di Betara, Pastikan Upaya Pemadaman dan Pendinginan Maksimal

Pada kesempatan tersebut, selain kedisiplinan prajurit, Dandim juga menekankan kepada seluruh prajurit untuk mempedomani tujuh pelanggaran berat yang ada dilingkungan TNI-AD, sehingga mampu meminimalisir dan mengantisipasi berbagai pelanggaran yang terjadi, khususnya dilingkungan Kodim 0415/Jambi.

Tujuh pelanggaran berat yang dimaksud antara lain:
1. Penyalahgunaan senjata api dan MU Handak.
2. Penyalahgunaan narkoba.
3. Disersi dan insubordinasi.
4. Perkelahian dengan rakyat, TNI dan Polri.
5. Pelanggaran asusila.
6. Penipuan, perampokan dan pencurian.
7. Perjudian, backing, illegal logging, minning dan fishing.

Dandim secara tegas tidak akan mentolerir terhadap pelanggaran -pelanggaran berat tersebut, khusus tentang penyalahgunaan narkoba akan dilakukan hukuman berat kurungan dan sanksi administratif berupa pemecatan dari dinas aktif TNI.

Baca Juga  Kenaikan Pangkat Dandim 0415/Jambi Kolonel Inf Yoga Cahya Prasetya : Anugerah dan Tanggung Jawab Besar

“Pelanggaran tidak hanya merugikan diri sendiri. Melainkan keluarga maupun satuan. Jika pelanggaran berat dilakukan, tentunya akan berakibat buruk dan dapat mencoreng citra TNI itu sendiri.” ujar Dandim

Oleh sebab itu seluruh prajurit harus mengedepankan kedisiplinan. Karena disiplin merupakan sikap mental yang mencerminkan kepatuhan, ketaatan, kesungguhan dan konsekuensi kepada peraturan tata tertib dengan dilandasi kesadaran untuk berbuat sesuai tuntutan peraturan yang ada.

Baca Juga  Dandim 0415/Jambi, Terima Kunker Tim Pusterad Lakukan Pengawasan Kegiatan Tehnis Teritorial

Peran pimpinan bawah dalam melakukan waskat menjadi sangat penting dan menentukan dalam pemeliharaan dan peningkatan disiplin prajurit. Kepedulian dan kepiawaian pimpinan bawah sangat diperlukan untuk dapat mengambil langkah-langkah solusi agar permasalahan dapat diselesaikan dengan sebaik mungkin dan laporkan kepada Dandim sebagai bentuk pertanggungjawabannya.

Jadilah prajurit yang dewasa dengan cara menghindari ataupun mengurangi pelanggaran-pelanggaran yang ada. Laksanakan tugas dengan jujur, tulus dan ikhlas dengan mengedepankan etika, moral dan prosedur yang ada. Serta jangan lupa untuk selalu bersyukur atas nikmat yang diberi, pinta Dandim.

Share :

Baca Juga

Berita

M. Hafiz Fattah : “Tidak ada waktu untuk selebrasi, kita langsung Fokus ke Agenda – Agenda Dprd”

Berita

Korem 042 Gapu jadi Kodam Sakti Jambi, Ketua PWI Provinsi Jambi: Ini Langkah Strategis, dan Kita Siap Dukung

Berita

Di Polres Sarolangun, Wakapolda Jambi Tekankan Personel Peka Terhadap Situasi di Lingkungan saat Bertugas Pengamanan Pemilu 

Berita

Kapolsek Kota Baru Sidak ke Pasar Villa Kenali Pastikan Ketersediaan Bahan Pokok saat Ramadhan Cukup

Berita

Launching Peresmian 1.898 Titik Air Bersih di Seluruh Indonesia Turut Diikuti Korem 042 Gapu

Berita

Polda Jambi Berikan Beasiswa ke Mahasiswa Jambi Lanjutkan Pendidikan S2 ke Yogyakarta

Berita

Bawa Empat Kendaraan Taktis Water Canon, Kapolda Jambi Kembali Salurkan Air Bersih ke Desa-desa

Berita

PWI Kota Jambi Terima Penghargaan dari Kapolda Jambi di Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke 68