Yello Hotel Jambi Peduli Lingkungan Gelar Aksi Word Clean Up Day di Gentala ARASY Pelaku Pembakaran Lahan Ditangkap, Kapolres Sarolangun: Terancam Hukuman 10 Tahun Penjara Komplotan Pencurian Minyak Kondensat PT Pertamina Dibekuk Ditreskrimum Polda Jambi  Ny. Puput Husaini, Bawa IAD Bangka Tengah Juara Pertama Lomba Senam Kreasi Acara Puncak Hari Adat Melayu Jambi ke 2 Dihadiri Langsung Kapolda Jambi 

Home / Berita / Daerah / Kota Jambi

Minggu, 19 November 2023 - 14:34 WIB

PWI Jambi Kirim Empat Orang Ikuti Assisment Penguji UKW

PWI Jambi Kirim Empat Orang Ikuti Assisment Penguji UKW

Jakarta – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menyelenggarakan dua gelombang Assesment Penguji Uji Kompetensi Wartawan (UKW), Sabtu (18/11/2023) di Gedung Dewan Pers Lantai IV Kebun Sirih, Jakarta.

Kegiatan bertujuan untuk menyeleksi penguji UKW yang layak sebagai penguji. Dibuka oleh Ketua Umum PWI Pusat, Hendri CH Bangun, berlangsung sehari diikuti 55 wartawan anggota PWI se-Indonesia.

Untuk PWI Jambi sendiri mengirimkan empat orang peserta untuk mengikuti gelombang pertama, yakni Mukhtadi Putra Nusa Pimpinan Jambi TV, H RS Edi Marpaung (Ketua DKP), Arwani (Sekretaris) dan Hery FR. Sedangkan gelombang kedua dilaksanakan 25 November 2023.

Baca Juga  Berawal Dari Aplikasi Michat Berujung Maut, Wakapolresta Jambi Pimpin Penangkapan Pelaku

Hendri CH Bangun dalam sambutanya mengatakan, Asesment ini penting sesuai standar umum dengan metode yang teruji, sehingga kita akan mendapatkan penguji sesuai standar.

Menurut Hendri Bangun, berdasarkan peraturan draft terbaru Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) dari Dewan Pers Lembaga Penguji dapat melaksanakan Asesment. “Nantinya PWI tidak hanya mencetak penguji, tapi penguji yang sudah teruji bisa kita siapkan untuk tenaga pengajar kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan tinggi khususnya yang memiliki prodi jurnalistik atau publikasi dan ilmu komunikasi.

Baca Juga  Kemacetan Angkutan Batu bara, Ditlantas Polda Jambi Kembali Berlakukan Diskresi Kepolisian, Mobilisasi Angkutan Batu bara di Stop

“Kita akan buka lembaga informal nantinya bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan. Kita menyiapkan tenaga profesional pengajar, silahkan kalau ada perguruan tinggi ada yang membutuhkan,” ungkap mantan Wakil Anggota Dewan Pers ini.

PWI adalah organisasi wartawan tertua dan terbesar, lanjut Bangun, menurutnya ia menginginkan PWI menjadi terbaik sebagai organisasi wartawan.

Sementara itu, Direktur UKW PWI Pusat, DR Firdaus Komar mengatakan, Asesment ini diselenggarakan semata mata sebagai langkah pembinaan para penguji UKW. “Dari draft Sertifikasi Kompetensi Wartawan terbaru, Asesment ini merupakan penyempurnaan secara teknis manajerial UKW,” ujar Firdaus, yang masih Ketua PWI Sumsel ini.

Baca Juga  Ratusan Personil Gabungan Diterjunkan Lakukan Patroli Antisipasi Gangguan Kamtibmas, Kapolda Sumsel Turun Langsung Gunakan Sepeda Motor

Assisment ini perbaikan dari manajemen dari Assisment yang pernah dilaksanakan pada tahun 2017-2018. Sehingga tidak heran peserta yang pernah jadi penguji ikut jadi peserta lagi.

Firdaus mengharapkan agar output Assisment ini memiliki visi dan misi yang sama di daerah. Setiap penguji yang lulus Assisment ini harus mengikuti sebagai penguji magang sebanyak tiga kali dan membuat karya tulis berupa makala. (PWI Provinsi )

Share :

Baca Juga

Berita

Sukses Gelar Lomba Burung Piala Danyonif Raider 142 KJ, Mayor Inf Dwi Djunaidi: Semoga TNI Makin Dicintai Masyarakat

Berita

Kebersamaan TNI-POLRI, Pemerintah dan Masyarakat Kompak, Kapolda Jambi: Situasi Kondusif saat Malam Pergantian Tahun

Berita

Kapolda Jambi Berikan Penghargaan kepada 19 Personil, 2 Diantaranya Personil Satbrimob Polda Jambi 

Berita

Pelaksanaan Operasi Keselamatan Siginjai 2024, Ditlantas Polda Jambi Catat Angka Kecelakaan Menurun 50 Persen 

Berita

Akan Diberangkatkan ke Malaysia Sebagai TKI, 12 Orang Asal Jambi Digagalkan Polres Merangin 

Berita

Kapolres Kerinci Pastikan Kotak Suara Sampai di PPK Dalam Keadaan Aman

Berita

Ini Amanat Kalemdiklat Polri Yang Dibacakan Kapolda Jambi saat Pimpin Upacara Pembukaan Diktukba Polri Gelombang I Tahun 2024 SPN Polda Jambi

Berita

Ny. Puput Husaini, Bawa IAD Bangka Tengah Juara Pertama Lomba Senam Kreasi