Yello Hotel Jambi Peduli Lingkungan Gelar Aksi Word Clean Up Day di Gentala ARASY Pelaku Pembakaran Lahan Ditangkap, Kapolres Sarolangun: Terancam Hukuman 10 Tahun Penjara Komplotan Pencurian Minyak Kondensat PT Pertamina Dibekuk Ditreskrimum Polda Jambi  Ny. Puput Husaini, Bawa IAD Bangka Tengah Juara Pertama Lomba Senam Kreasi Acara Puncak Hari Adat Melayu Jambi ke 2 Dihadiri Langsung Kapolda Jambi 

Home / Berita / Daerah / Kota Jambi

Rabu, 9 Agustus 2023 - 13:31 WIB

Ombudsman Jambi : Peran Masyarakat Sangat Penting Mengawasi Pelayanan Publik

Ombudsman Jambi : Peran Masyarakat Sangat Penting Mengawasi Pelayanan Publik

Jambi – Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Jambi, Saiful Roswandi, meyampaikan bahwa masyarakat harus melakukan fungsi pengawasan agar pelayanan publik menjadi semakin baik. Hal ini sesuai dengan amanat Undang Undang 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dimana selain Ombudsman dan DPR, masyarakat juga memiliki tugas pengawasan.

Pernyataan ini disampaikan oleh Saiful Roswandi dalam kegiatan Coffee Morning dalam rangka Pekan Pelayanan Publik 2023 yang diselenggarakan oleh Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Jambi, Kementerian Kelautan dan Perikanan. Dalam kegiatan diskusi tersebut dihadiri oleh para pengguna layanan stasiun tersebut yang mayoritas adalah pengusaha sektor perikanan.

Baca Juga  Awasi Penyelenggaraan Jalan di Jambi, Kaper Ombudsman Jambi Kunjungi BPJN

“Jika ingin pelayana publik kita menjadi semakin baik dan berkualitas, masyarakat juga mesti melakukan fungsi pengawasannya. Kalau peran masyarakat dalam hal memberikan laporan atau membuat aduan tidak dilakukan, maka penyedia layanan akan berfikir dia sudah baik-baik saja,” sebutnya pada Selasa, 8 Agustus 2023.

Baca Juga  Berantas Peredaran Gelap Narkoba, Polres Tanjab Timur Bekuk Empat Pelaku dan 11,76 Gram Barang Bukti  

Saiful mengatakan bahwa ada banyak saluran di mana masyarakat bisa berpartisipasi dalam pengawasan. Mulai dari survei yang disediakan unit penyelenggara layanan yang diisi dengan objektif, ada kotak saran dan pengaduan, hingga melakukan pelaporan jika menemukan adanya pelanggaran.

Baca Juga  Anggota Ombudsman RI, Robert Na Endi Jaweng, Serahkan Hasil Penilaian Pelayanan Publik ke Kepolisian Daerah Jambi

“Masukan dan saran perlu disampaikan oleh masyarakat sebagai bahan perbaikan bagi unit layanan. Harus ada feedback sehingga apa yang diidamkan masyarakat bisa terwujud,” sebut mantan Presenter ini.

Di kesempatan itu Saiful juga mengajak seluruh peserta untuk melapor ke Ombudsman jika mengalami atau menemukan tindak maladministrasi. Laporan dapat disampaikan langsung ke Kantor Ombudsman Jambi atau melalui 08119593737.

Share :

Baca Juga

Berita

Polres Tanjab Barat Turut Amankan Enam Pelaku Penyelundupan 50 Ribu Benih Lobster, Kapolres : Pelaku Bukan Warga Jambi

Berita

Momen Peringatan Hari Detik-Detik Proklamasi, Danrem 042/Gapu Tegakkan Komitmen TNI Menjaga Kedaulatan NKRI

Berita

Asraf Resmi Diperpanjang Jadi Pj Bupati Kerinci, Akan Pastikan Pembangunan dan Pilkada Berjalan Kondusif

Berita

Kunjungi Pos Karhutla, Danrem 042 Gapu : Pentingnya Kesadaran Masyarakat Untuk Tidak Buka Lahan dengan Membakar

Berita

Polres Bungo Berhasil Amankan Dua Pelaku Pengedar Uang Palsu 

Berita

Polres Kerinci Lakukan Pengecekan Kesehatan dan Pemberian Vitamin ke Personil PAM PPK

Berita

Tiba di Yonif Raider 142/KJ, Kunjungan Pangdam II Sriwijaya Disambut Danyonif Mayor Inf Dwi Djunaidi Mulyono

Berita

Simpan Sabu Dalam Gula, Ditresnarkoba Polda Jambi Ungkap Jaringan Internasional