Yello Hotel Jambi Peduli Lingkungan Gelar Aksi Word Clean Up Day di Gentala ARASY Pelaku Pembakaran Lahan Ditangkap, Kapolres Sarolangun: Terancam Hukuman 10 Tahun Penjara Komplotan Pencurian Minyak Kondensat PT Pertamina Dibekuk Ditreskrimum Polda Jambi  Ny. Puput Husaini, Bawa IAD Bangka Tengah Juara Pertama Lomba Senam Kreasi Acara Puncak Hari Adat Melayu Jambi ke 2 Dihadiri Langsung Kapolda Jambi 

Home / Berita / Daerah / Kota Jambi

Rabu, 9 Agustus 2023 - 13:31 WIB

Ombudsman Jambi : Peran Masyarakat Sangat Penting Mengawasi Pelayanan Publik

Ombudsman Jambi : Peran Masyarakat Sangat Penting Mengawasi Pelayanan Publik

Jambi – Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Jambi, Saiful Roswandi, meyampaikan bahwa masyarakat harus melakukan fungsi pengawasan agar pelayanan publik menjadi semakin baik. Hal ini sesuai dengan amanat Undang Undang 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dimana selain Ombudsman dan DPR, masyarakat juga memiliki tugas pengawasan.

Pernyataan ini disampaikan oleh Saiful Roswandi dalam kegiatan Coffee Morning dalam rangka Pekan Pelayanan Publik 2023 yang diselenggarakan oleh Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Jambi, Kementerian Kelautan dan Perikanan. Dalam kegiatan diskusi tersebut dihadiri oleh para pengguna layanan stasiun tersebut yang mayoritas adalah pengusaha sektor perikanan.

Baca Juga  Ditintelkam Polda Jambi Juara 1 IKPA untuk Pagu Sedang dari Ka Kanwil DJPBN Provinsi Jambi

“Jika ingin pelayana publik kita menjadi semakin baik dan berkualitas, masyarakat juga mesti melakukan fungsi pengawasannya. Kalau peran masyarakat dalam hal memberikan laporan atau membuat aduan tidak dilakukan, maka penyedia layanan akan berfikir dia sudah baik-baik saja,” sebutnya pada Selasa, 8 Agustus 2023.

Baca Juga  Walikota Sungai Penuh Serahkan LKPD Unaudited Tahun Anggaran 2023 ke BPK RI Perwakilan Jambi 

Saiful mengatakan bahwa ada banyak saluran di mana masyarakat bisa berpartisipasi dalam pengawasan. Mulai dari survei yang disediakan unit penyelenggara layanan yang diisi dengan objektif, ada kotak saran dan pengaduan, hingga melakukan pelaporan jika menemukan adanya pelanggaran.

Baca Juga  Awasi Penyelenggaraan Jalan di Jambi, Kaper Ombudsman Jambi Kunjungi BPJN

“Masukan dan saran perlu disampaikan oleh masyarakat sebagai bahan perbaikan bagi unit layanan. Harus ada feedback sehingga apa yang diidamkan masyarakat bisa terwujud,” sebut mantan Presenter ini.

Di kesempatan itu Saiful juga mengajak seluruh peserta untuk melapor ke Ombudsman jika mengalami atau menemukan tindak maladministrasi. Laporan dapat disampaikan langsung ke Kantor Ombudsman Jambi atau melalui 08119593737.

Share :

Baca Juga

Berita

Tak Sesuai Ketentuan dan Ganggu Kamtibmas, Polisi Bubarkan Paksa Aksi Pemblokiran Jalan di Sarolangun

Batanghari

179 Paket Sabu Siap Edar Digagalkan BNNP Jambi, Satu Pelaku Turut Diamankan 

Berita

Syukuran HUT Lalu Lintas Bhayangkara ke 68 Polda Jambi, SMSI Provinsi Jambi Terima Penghargaan dari Kapolda Jambi

Berita

Independent influencer Kerinci dan SMPN 2 Sungai Penuh Distribusikan Bantuan Sembako Bersama Brimob Polda Jambi ke Warga Terdampak Banjir

Berita

Diskresi Kepolisian, Hari ini Penghentian Aktivitas angkutan batubara Diberlakukan Ditlantas Polda Jambi

Berita

19 Personil Polda Jambi Terima Penghargaan Kapolda Jambi, Dua Diantaranya Terima Pin Emas Kapolri

Berita

Danrem 042Gapu pimpin Acara Serah Terima Jabatan Dandim 0415/Jambi

Berita

Pemberangkatan 24 Atlet Bola Volly Provinsi Jambi Dilepas Langsung Dir Lantas Polda Jambi Ikuti Piala Kapolri Cup 2023