Yello Hotel Jambi Peduli Lingkungan Gelar Aksi Word Clean Up Day di Gentala ARASY Pelaku Pembakaran Lahan Ditangkap, Kapolres Sarolangun: Terancam Hukuman 10 Tahun Penjara Komplotan Pencurian Minyak Kondensat PT Pertamina Dibekuk Ditreskrimum Polda Jambi  Ny. Puput Husaini, Bawa IAD Bangka Tengah Juara Pertama Lomba Senam Kreasi Acara Puncak Hari Adat Melayu Jambi ke 2 Dihadiri Langsung Kapolda Jambi 

Home / Berita / Daerah / Nasional / Pemerintahan

Rabu, 21 Februari 2024 - 00:13 WIB

Ini Penyampaian Presiden RI Ir H Joko Widodo kepada Insan Pers saat Hadiri Puncak Peringatan HPN 2024

Ini Penyampaian Presiden RI Ir H Joko Widodo kepada Insan Pers saat Hadiri Puncak Peringatan HPN 2024

JAKARTA – Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang diperingati setiap tanggal 09 Februari ini menjadi pijakan jurnalisme ditanah air. Peringatan ini sekaligus merayakan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (HUT PWI) yang dibentuk sejak 1946.

Peringatan HPN menjadi salah satu hasil dari Kongres PWI ke-28 yang berlangsung di Padang pada 1978. Awalnya, hal ini tercetus dari keinginan tokoh-tokoh pers untuk memperingati eksistensi dan peran pers Indonesia dalam lingkup nasional.

Acara HPN ke-78 ini bertema “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa” yang dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo bertempat di Kawasan Ancol Gedung Ecopark, DKI Jakarta, Selasa (20/02/2024).

Baca Juga  Kedekatan Prabowo Subianto dengan Muhammad Harifar Syafar Putra Asli Bungo Itu

Dalam sambutan dan arahannya Presiden Jokowi mengapresiasi insan pers yang selalu konsisten memberikan informasi kepada masyarakat dan juga mengawal proses demokrasi yang telah berlalu ini.

“Saya sampaikan selamat Hari Pers Nasional 2024, saya juga mengucapkan terima kasih kepada insan pers yang terus konsisten menemani masyarakat dalam mengendalikan demokrasi. Terima kasih insan pers sudah mengawal Pemilu 2024 yang baru saja kita jalani,” ujar Presiden Jokowi.

Kemudian Presiden Jokowi mengungkapkan telah menandatangani Peraturan Presiden tentang Tanggung Jawab Platform Digital yang mendukung Jurnalisme yang berkualitas.

Jokowi juga mengungkapkan telah menandatangani Peraturan Presiden tentang Tanggung Jawab Platform Digital untuk Mendukung Jurnalisme yang Berkualitas. Dimana sebelumnya telah mendengarkan aspirasi dari rekan-rekan pers baik itu media konvensional maupun digital.

Baca Juga  Bertolak ke Jakarta, Ketua PWI Kota Jambi Diagendakan Hadiri Puncak Peringatan HPN 2024 Yang Dibuka Presiden RI

Selain itu, Presiden Jokowi turut menyampaikan pesan pada Puncak Peringatan HPN diantaranya adalah pers harus tetap menjadi penjaga utama demokrasi. Pers adalah tempat di mana kebenaran harus bersinar terang serta mengajak para insan pers untuk terus berinovasi dalam menyampaikan informasi yang jernih dan akurat.

” Karya-karya jurnalistik haruslah menghadirkan fakta apa adanya, tanpa bumbu-bumbu yang mengada-ada atau asumsi yang tidak jelas,” lanjut Presiden.

Selanjutnya Presiden juga menyampaikan pentingnya inovasi dalam industri pers, yang mana dalam kesempatan ini pula saya mengajak seluruh industri pers untuk melakukan langkah-langkah strategis yang inovatif.

” Kita harus adaptif dalam menghadapi perubahan zaman agar tetap relevan di era persaingan global,” pungkasnya.

Baca Juga  Pelaksanaan Pemilu di Jambi Kondusif, Irjen Pol Rusdi Hartono: Terima Kasih Masyarakat Atas Kerjasama yang Baik

Tak hanya Presiden RI Ir H Joko Widodo, tampak hadir Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, dan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Gubernur Jambi DR H Al Haris serta tokoh penting pers seperti Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu dan Ketua PWI Hendry Ch Bangun, juga seluruh PWI se-Indonesia, Ketua SMSI Pusat, Ketua SMSI Provinsi Jambi Mukhtadi Putra Nusa dan Organisasi Pers yang ada di Indonesia serta tampak hadir pula Ketua PWI Provinsi Jambi H Ridwan Agus Depati, dan Pengurus PWI Kota Jambi. (***)

Share :

Baca Juga

Berita

Bersinergi Berantas Peredaran Narkoba, Dirresnarkoba Polda Jambi Silaturahmi bersama Kepala BNNP Jambi 

Berita

Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan, Sat Brimob Polda Jambi Kembali Salurkan 5 Ton Air Bersih ke Masyarakat

Berita

Walikota Ahmadi Lepas 31 Calon Jama’ah Haji Depati Payung Kecamatan Pondok Tinggi

Berita

Ratusan Bikers Yamaha Nonton dan Dukung Langsung Perjuangan Pembalap Yamaha Racing Indonesia di ARRC Mandalika

Berita

Kesal Aksi Anarkis Demo Batubara, Yun Ilman: Jangan Jadi “Rambo Kesiangan” 

Berita

Dipimpin Sahli Kapolri, Polda Jambi dan Jajaran Terima Materi Penyegaran HAM dan Ceramah Anti Radikal

Berita

Rotasi Jabatan, Kapolres Tanjab Barat Dimutasi, Ini Penggantinya

Berita

Sidak ke Markas Unit Jajaran, Provost Ditpolairud Polda Jambi Turut Tegakkan Disiplin ke Personel