Yello Hotel Jambi Peduli Lingkungan Gelar Aksi Word Clean Up Day di Gentala ARASY Pelaku Pembakaran Lahan Ditangkap, Kapolres Sarolangun: Terancam Hukuman 10 Tahun Penjara Komplotan Pencurian Minyak Kondensat PT Pertamina Dibekuk Ditreskrimum Polda Jambi  Ny. Puput Husaini, Bawa IAD Bangka Tengah Juara Pertama Lomba Senam Kreasi Acara Puncak Hari Adat Melayu Jambi ke 2 Dihadiri Langsung Kapolda Jambi 

Home / Berita / Daerah / Muaro Jambi

Kamis, 10 Agustus 2023 - 21:08 WIB

Tinjau Lokasi Rawan Karhutla di Desa Talang Duku, Dandim 0415 Jambi Turut Himbau Masyarakat Tidak Buka Lahan dengan Membakar

Tinjau Lokasi Rawan Karhutla di Desa Talang Duku, Dandim 0415 Jambi Turut Himbau Masyarakat Tidak Buka Lahan dengan Membakar

MUAROJAMBI – Memasuki musim kemarau, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) masih menjadi momok yang sangat menakutkan bagi keberlangsungan kehidupan perekonomian masyarakat. Karhutla benar-benar menjadi atensi bagi banyak pihak, mulai dari TNI hingga instansi pemerintah dan swasta untuk melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan secara komprehensif.

Jambi merupakan Provinsi ke-3 yang memiliki lahan gambut terluas di Sumatera, tidak heran jika stakeholder yang ada dan penggiat lingkungan memberikan atensi penuh terhadap penanganan dan penanggulangan karhutla. Pengelolaan dan mitigasi dilahan gambut menjadi kunci penting meminimalkan kejadian tersebut. Karena kebakaran gambut juga memicu kabut asap yang mampu meluluhlantakkan kehidupan masyarakat.

Baca Juga  Tiba di Kodim 0415 Jambi, Dandim Letkol Inf Yoga Cahya Sambut Kunjungan Kerja Pangdam II Sriwijaya

Sebagai upaya antisipasi dan penanganan karhutla, Dandim 0415/Jambi bergerak aktif melakukan pemantauan langsung di titik-titik rawan kebakaran. Salah satu wilayah yang menjadi prioritas pantauanya yakni di Desa Talang Duku Kabupaten Muaro Jambi.

Bersama PJU Kodim 0415/Jambi, Danramil 415-05/Sengeti dan didampingi oleh petugas dari BPBD Ma Jambi, Dandim Letkol Arm Eko Pristiono, SH., M.I.Pol memantau dan memberikan instruksi kepada petugas posko dan petugas patroli karhutla tentang penanganan karhutla di wilayah tersebut, Kamis (10/08/2023).

Baca Juga  Dandim 0415/Jambi, Terima Kunker Tim Pusterad Lakukan Pengawasan Kegiatan Tehnis Teritorial

Dandim mengajak warga dan pelaku usaha perkebunan untuk tidak melakukan aktivitas pembakaran saat membuka lahan, kondisi kekeringan saat memasuki musim kemarau seperti ini harus disikapi secara bijak. Diperlukan kerjasama semua pihak untuk mengantisipasi dan mengatasi karhutla, ajak Dandim.

“Kita harus terus memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang dampak karhutla. Paparan asap akibat kebakaran tersebut mampu merusak kesehatan manusia terutama menyebabkan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), mengganggu aktivitas sekolah, pasar dan pusat ekonomi lainnya, yang pasti ekosistem di alam mengalami kehancuran.” jelas Dandim.

Baca Juga  Kerap Resahkan Masyarakat, Ditreskrimsus Polda Jambi Gulung Komplotan Penipuan Lewat Handphone

Kegiatan pemantauan karhutla akan terus dilakukan secara langsung oleh Dandim sebagai pertanggungjawaban tugas yang dibebankan oleh pimpinan komando atas. Sikap disiplin tentang prosedur penanganan kebakaran harus dapat ditularkan kepada masyarakat secara luas di wilayah binaan, sehingga kesadaran dan pemahaman tentang dampak dan perilaku kebiasaan membuka lahan secara konvensional dapat dihindari, imbuhnya.

Share :

Baca Juga

Berita

Sidak ke Tempat Pelayanan Publik, Irwasda Polda Jambi Himbau Petugas Berikan Pelayanan Terbaik tanpa Pungli 

Berita

BNN-BEA DAN CUKAI BERHASIL UNGKAP KASUS PENYELUNDUPAN GANJA THAILAND JARINGAN SINDIKAT NARKOTIKA INTERNASIONAL

Berita

Lapuanja Terima Kunjungan Perhimpunan Mahasiswa Hukum Indonesia (PERMAHI)

Berita

Ratusan Nasi Bungkus Dibagikan Personel Spripim Polda Jambi di Pasar Angso Duo dan Mesjid 1000 Tiang

Berita

Pelindo Jambi Raih Penghargaan di Forum Humas Pelindo Regional 2

Berita

Ihsan Yunus Serahkan Bantuan Mesin Pertanian Senilai 2 Miliar Rupiah

Berita

Tim Pemenangan Haris-Sani Kota Sungaipenuh Konsolidasi Perkuat Tim Hingga Desa

Berita

Dansat Brimob Polda Jambi Sampaikan Kebanggaan Atas Prestasi Bripda M Hadirsya Fadli Pelatih Bawa Atlet Taekwondo Juara Kapolri CUP