Yello Hotel Jambi Peduli Lingkungan Gelar Aksi Word Clean Up Day di Gentala ARASY Pelaku Pembakaran Lahan Ditangkap, Kapolres Sarolangun: Terancam Hukuman 10 Tahun Penjara Komplotan Pencurian Minyak Kondensat PT Pertamina Dibekuk Ditreskrimum Polda Jambi  Ny. Puput Husaini, Bawa IAD Bangka Tengah Juara Pertama Lomba Senam Kreasi Acara Puncak Hari Adat Melayu Jambi ke 2 Dihadiri Langsung Kapolda Jambi 

Home / Berita / Hukum / Kriminal / Nasional

Kamis, 8 Februari 2024 - 22:32 WIB

Komitmen Polri Perang Lawan Narkoba, Dirresnarkoba : Polda Jambi Siap Bersinergi Ajak Masyarakat Lawan Narkoba

Komitmen Polri Perang Lawan Narkoba, Dirresnarkoba : Polda Jambi Siap Bersinergi Ajak Masyarakat Lawan Narkoba

JAKARTA – Direktur Reserse Narkoba (Dirresnarkoba) Polda Jambi AKBP Ernesto Seiser didampingi Kasat Narkoba Polresta Jambi Kompol Johan Christy Silaen menghadiri langsung Konferensi Pers Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P3GN) Polri.

Konferensi pers tersebut dipimpin langsung Kasatgas P3GN Polri Irjen Pol. Asep Edi Suheri di Jakarta, Rabu, (07/2/24).

Disampaikan Kasatgas P3GN Polri Irjen Pol. Asep Edi Suheri bahwa kita telah menangkap sebanyak 17.707 tersangka tindak pidana narkoba selama periode 21 September sampai dengan 7 Februari 2024.

” pengungkapan tindak pidana narkoba ini merupakan wujud komitmen Polri dalam rangka menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo terkait perang melawan narkoba,” ujarnya.

Pengungkapan tersebut Satgas tingkat Mabes Polri dan Polda jajaran telah berhasil menangkap 17.707 tersangka, di mana 14.447 tersangka sedang menjalani proses penyidikan, dan ada 3.260 tersangka lainnya sedang menjalani proses rehabilitasi.

Baca Juga  Ini Pesan Karo SDM Polda Jambi saat Menerima Siswa SIP Angkatan 52 Tahun 2023

” Dari 14.447 tersangka yang dalam proses penyidikan, berstatus sebagai kurir dan bandar, Sedangkan 3.260 tersangka rehab adalah penyalahguna,” lanjutnya.

Satgas P3GN dibentuk Kapolri dalam menindaklanjuti arahan Presiden terkait penindakan, pencegahan penyalahgunaan narkoba.

” Selama periode tersebut, Satgas P3GN telah menerbitkan 11.918 laporan polisi dan menyita sejumlah barang bukti antara lain, yakni sabu seberat 2,3 ton, ekstasi sebanyak 964.268 butir, ganja seberat 1,4 ton, kokain seberat 8,23 kg, ada juga tembakau gorila seberat 124,6 Kg, ketamin seberat 24,8 Kg, ada juga heroin seberat 85 gram dan obat keras sebanyak 4.118.331 butir,” jelasnya.

Baca Juga  Kunjungan Kerja Kemenkopolhukam Disambut Langsung Wakapolda Jambi 

Jika dihitung dari pengungkapan yang telah dilakukan Satgas P3GN Polri ini telah berhasil menyelamatkan 17.667.827 jiwa.

Sementara itu, Dirresnarkoba Polda Jambi AKBP Ernesto Seiser saat dikonfirmasi menyebutkan dirinya hadir karena Polda Jambi turut serta mengamankan satu pelaku yang membawa narkotika jenis sabu cair dengan pelaku tersebut merupakan Warga Negara Asing (WNA).

” Kita Polda Jambi bekerja sama dengan Tim Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri dan menangkap jaringan Sumatera, yang mana narkotika dipasok dari negara Malaysia dan Vietnam melalui jalur perairan di Sumatera dan pulau Jawa, ” ungkapnya, Kamis (08/2/24).

Untuk diketahui, pada tahun 2023 Polda Jambi telah berhasil mengungkap penyalahgunaan peredaran gelap Narkotika jenis Sabu-sabu cair serta mengamankan seorang WNA asal Iran, berinisial NB (33), di mana jika 264 Kg sabu-sabu cair ini diolah, akan mencapai 750 Kg sabu-sabu kristal.

Baca Juga  Terima Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Publik dari Ombudsman RI, Kapolda Jambi : Polri Wajib Berikan Pelayanan yang Baik kepada Masyarakat

” Komitmen kita Polda Jambi dan jajaran untuk menutup peredaran narkoba jaringan internasional yang masuk ke Indonesia. Salah satunya, dengan mengawasi pintu-pintu masuk baik dari perairan, darat, dan udara,” lanjut Dirresnarkoba Polda Jambi AKBP Ernesto Seiser.

Selanjutnya AKBP Ernesto Seiser juga menyebutkan bahwa Polda Jambi khususnya Ditresnarkoba Polda Jambi siap bersinergi dan mengajak masyarakat untuk secara bersama-sama memberantas penyalahgunaan narkoba di Provinsi Jambi.

” Kita siap bersinergi dan menyatakan perang melawan narkoba,” pungkasnya.

Tidak hanya itu saja, Komitmen kita juga ditunjukkan dengan pengungkapan tindak pidana narkoba oleh Satresnarkoba Polresta Jambi yang berhasil menggagalkan peredaran gelap Narkotika jenis Sabu-sabu seberat 52,4 Kilogram dan 39 kilogram narkotika jenis ganja beberapa waktu lalu.(IR).

Share :

Baca Juga

Berita

Tingkatkan Sinergisitas, AKBP Mujib Gelar Silaturahmi Bersama Awak Media Dihari Pertama Berdinas Sebagai Kapolres Kerinci

Berita

Diskresi Kepolisian Dorong Pelaku Usaha Batubara Sepakat Jalankan Rekomendasi Ketentuan KSP

Batanghari

Bhayangkari Peduli Bersama RS Bhayangkara Polda Jambi Gelar Pengobatan Gratis bagi Andikpas LPKA Muara Bulian

Berita

Polri Siapkan Rekayasa Lalin dan Pengamanan Jalur Delegasi KTT ASEAN

Berita

Pelaksanaan Operasi Keselamatan Siginjai 2024, Ditlantas Polda Jambi Catat Angka Kecelakaan Menurun 50 Persen 

Berita

Melawan saat Akan di Tangkap, Tim Sultan Satreskrim Polres Tebo Tangkap Satu Pelaku dan Lakukan Tindakan Tegas Terukur

Berita

Sambut HUT RRI ke 78, Kapolresta Jambi Diwakili Kasi Humas Hadiri Penyulutan Obor Tri Prasetya

Berita

Positif Gunakan Narkoba, Satu Pemuda Diamankan saat Operasi Antik Polresta Jambi