Yello Hotel Jambi Peduli Lingkungan Gelar Aksi Word Clean Up Day di Gentala ARASY Pelaku Pembakaran Lahan Ditangkap, Kapolres Sarolangun: Terancam Hukuman 10 Tahun Penjara Komplotan Pencurian Minyak Kondensat PT Pertamina Dibekuk Ditreskrimum Polda JambiĀ  Ny. Puput Husaini, Bawa IAD Bangka Tengah Juara Pertama Lomba Senam Kreasi Acara Puncak Hari Adat Melayu Jambi ke 2 Dihadiri Langsung Kapolda JambiĀ 

Home / Berita / Daerah / Kota Jambi

Selasa, 15 Agustus 2023 - 20:10 WIB

Korem 042 Gapu jadi Kodam Sakti Jambi, Ketua PWI Provinsi Jambi: Ini Langkah Strategis, dan Kita Siap Dukung

Korem 042 Gapu jadi Kodam Sakti Jambi, Ketua PWI Provinsi Jambi: Ini Langkah Strategis, dan Kita Siap Dukung

JAMBI – Provinsi Jambi terletak di pesisir pantai timur Pulau Sumatera yang berdekatan langsung dengan Selat Berhala dan Selat Lau Cina Selatan. Keberadaannya di segitiga pertumbuhan ekonomi IMS-GT (Indonesia, Malaysia, Singapura) memperkuat urgensi pengawalan keamanan wilayah tersebut.

Wilayah Provinsi Jambi juga merupakan bagian penting dari kawasan maritim Indonesia, dengan keberadaan Pelabuhan Ujung Jabung yang menjadi tol laut masa depan Jambi.

Keberadaan pelabuhan ini membuat wilayah tersebut potensial terhadap ancaman infiltrasi dari negara-negara asing, yang dapat berdampak tidak hanya terhadap wilayah tetapi juga terhadap keamanan dan stabilitas nasional.

Baca Juga  Piala Danyonif Raider 142 KJ Dimulai, Mayor Inf Dwi Djunaidi: Ajang Silahturahmi TNI dan Masyarakat serta Pecinta Burung Berkicau

Selain itu, keberagaman masyarakat Jambi yang heterogen dan tersebar dalam empat kawasan taman nasional serta kehadiran Suku Anak Dalam (SAD) dan kawasan hutan gambut/mangrove menambah kompleksitas tantangan keamanan. Dalam kerangka ini, wilayah Provinsi Jambi juga dikenal memiliki perusahaan-perusahaan besar dalam sektor migas dan perkebunan yang merupakan aset investasi nasional yang harus dilindungi.

Dengan demikian, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jambi memberikan usulan yang signifikan kepada Kasad Jenderal TNI H Dudung untuk mendukung peningkatan status Korem 042/GAPU menjadi Kodam Sakti Jambi. Ini dipandang sebagai langkah strategis untuk mengawal keamanan dan stabilitas wilayah Provinsi Jambi yang memiliki potensi dan kepentingan strategis nasional.

Baca Juga  Bentuk Kepedulian, Ketua PWI Provinsi Jambi Besuk Anggotanya Yang Sakit

Ketua PWI Provinsi Jambi, H. R. A. Ridwan Agus, Dpt., menyampaikan bahwa peningkatan status Korem 042/GAPU menjadi Kodam Sakti Jambi merupakan langkah yang sewajarnya.

Ini akan memberikan pengawalan terdepan terhadap keamanan dan stabilitas wilayah daratan dan lautan yang luas, serta potensial terhadap ancaman infiltrasi dari negara asing.

Baca Juga  Tiga Tahun Pengabdian, Resimen Wira Satya Adhipradana Gelar Baksos Peduli Sesama

Langkah ini diharapkan dapat menjaga keamanan wilayah dan stabilitas nasional dengan mantap, seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan perkembangan strategis wilayah tersebut.

Langkah usulan dari PWI Jambi ini menggarisbawahi pentingnya koordinasi antara instansi pemerintah, militer, dan lembaga masyarakat sipil dalam menjaga keamanan dan stabilitas nasional.

Peningkatan status Korem menjadi Kodam Sakti Jambi akan memberikan kerangka kerja yang lebih kuat dan lebih efisien dalam mengatasi tantangan keamanan yang beragam dan kompleks dalam wilayah yang kaya sumber daya ini.(*)

Share :

Baca Juga

Berita

Dihadiri Dansat Brimob dan Wadansat Brimob Polda Jambi, Malam Tasyakuran LTS Nusantara Brigade XXXIX Berjalan Sukses

Berita

Polres Tanjab Barat Turut Amankan Enam Pelaku Penyelundupan 50 Ribu Benih Lobster, Kapolres : Pelaku Bukan Warga Jambi

Berita

Kang Ebod, Kaisar Ronggolawe Nusantara Sambut Kunjungan Study Tiru Pengurus PWI Kota Jambi Periode 2023-2026

Berita

21 Personil Polres Sarolangun Naik Pangkat, AKBP Budi Prasetya, S.IK, M. Si Pimpin Upacara Korp Raport

Berita

Bantu Pencarian Warga Rengat Riau Yang Hilang Akhirnya Ditemukan, Keluarga Sampaikan Ucapan Terima kasih ke Resmob Polda Jambi

Berita

Ini Profil Kombes Pol Bambang Yugo Pamungkas Yang Kini Jabat Dirreskrimsus Polda Jambi

Berita

Tuntut Formasi PPPK, Honorer RSUD Raden Mattaher Demo Ancam Mogok Kerja

Berita

Kanwil Kemenkumham Jambi Serahkan Berita Acara dan Surat Selesai Harmonisasi Ranperda Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi