Yello Hotel Jambi Peduli Lingkungan Gelar Aksi Word Clean Up Day di Gentala ARASY Pelaku Pembakaran Lahan Ditangkap, Kapolres Sarolangun: Terancam Hukuman 10 Tahun Penjara Komplotan Pencurian Minyak Kondensat PT Pertamina Dibekuk Ditreskrimum Polda Jambi  Ny. Puput Husaini, Bawa IAD Bangka Tengah Juara Pertama Lomba Senam Kreasi Acara Puncak Hari Adat Melayu Jambi ke 2 Dihadiri Langsung Kapolda Jambi 

Home / Batanghari / Berita / Daerah

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 16:42 WIB

Pantau Karhutla, Kodim 0415/Jambi Terjunkan Personilnya untuk Melakukan Patroli

Pantau Karhutla, Kodim 0415/Jambi Terjunkan Personilnya untuk Melakukan Patroli

BATANGHARI – Provinsi Jambi memiliki hutan yang luas sebagai salah satu sumber kekayaan alamnya, termasuk memiliki lahan gambut terluas ke-3 di Sumatera. Dengan luasnya hamparan lahan tersebut berpotensi pada seringnya terjadi Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) jika memasuki musim kemarau.

Tidak heran jika kekhawatiran dan kritik selalu dilayangkan kepada pemangku kebijakkan (stakeholder) atas kebijakkan dan strategi penanganan dan antisipasi karhula, sehingga karhutla dapat diminimalisir ataupun diantisipasi agar tidak terjadi.

Seperti kita ketahui bahwa kebakaran hutan dan lahan gambut bisa terjadi karena faktor alam seperti sambaran petir. Namun seringkali kebakaran itu juga terjadi akibat ulah manusia.

Baca Juga  Lima Pelaku dan Barang Bukti Sabu Seberat 1,18 Kilogram Sabu Berhasil Ditangkap Ditresnarkoba Polda Jambi 

Karhutla berdampak buruk bagi lingkungan dan makhluk hidup disekitarnya. Tidak terbatas berdampak pada kesehatan saja, akan tetapi sektor ekonomi, kerusakan lingkungan dan dapat mengganggu stabilitas negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia.

Berbagai ragam upaya penanganan hingga penangkapan dan pemberian sanksi hukuman bagi mereka yang terbukti dengan sengaja melakukan pembakaran untuk membuka lahan, masih belum memberikan efek jera sama sekali. Bahkan masyarakat terkesan mengabaikan himbauan tersebut dengan cara membakar lahan secara sembunyi-sembunyi.

Baca Juga  Kunjungan Kerja Pangdam II Sriwijaya ke Kodim 0415 Jambi Disambut Dandim Letkol Arm Eko Pristiono

Untuk menekan potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan, Kodim 0415/Jambi bergerak secara aktif melakukan pemantauan dengan menerjunkan personilnya untuk melakukan patroli rutin di titik-titik rawan kebakaran.

Seperti patroli yang dilakukan oleh personil dari Koramil 415-04/Ma Bulian dilokasi rawan kebakaran pada areal lahan konsesi PT. Berkat Sawit Utama (PT.BSU) dan PT. Restorasi Ekosistem Indonesia (PT.REKI) di Desa Bungku Kec. Bajubang Kab. Batanghari, Sabtu (12/08/2023).

Memberikan penyuluhan, himbauan dan edukasi kepada masyarakat yang tinggal di dekat hutan menjadi agenda rutin tim patroli ini. Hal ini untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian mereka akan kebakaran hutan dan lahan yang berdampak buruk bagi banyak pihak.

Baca Juga  Usai Mengamankan 6 Pelaku Saat Razia Narkoba, Emak-emak Susul Geruduk Lokasi dan Temukan Barang Bukti

Kami ajak dan kami berdayakan aparat Desa serta masyarakat sekitar hutan konsesi untuk sama-sama melakukan patroli. Rasa memiliki kawasan hutan dengan segala dampaknya menjadi topik penyuluhan dan himbauan bagi kami, ujar Peltu Abdullah Khairi personil Koramil 415-04/Ma Bulian.

“Ketidaksadaran masyarakat bisa menjadi kecerobohan yang menyebabkan hal fatal seperti karhutla. Untuk itu perlu memberikan peringatan agar tidak sembarangan membakar sampah atau membuang puntung rokok disekitar hutan, apalagi saat angin kencang di musim kemarau seperti saat ini.” tambahnya.

Share :

Baca Juga

Berita

Permudah Arus Komunikasi, Gubernur Al Haris bersama Pj Bupati Kerinci Launching Repeater GSM di Muara Hemat

Berita

Pimpin Sertijab Dua Pejabat Utama dan Tiga Dandim Jajaran Korem 042 Gapu, Ini Amanat Brigjen TNI Supriono

Berita

Pimpin Upacara Kehormatan dan Renungan Suci, Ini Pesan Kapolda Jambi dalam Peringatan HUT RI ke 78

Berita

Jelang Peringatan HANI 2024, BNN RI Lakukan Pemusnahan Lahan Ganja di Aceh Besar

Berita

Antisipasi Tindak Pidana dan Ciptakan Situasi Kamtibmas Kondusif, Personil Polsek Jambi Timur Lakukan Patroli Hingga Dinihari

Berita

Dandim 0416 Bute Tekankan Bahaya Judi Online kepada Seluruh Prajurit, Jangan Sampai Terlibat

Berita

Lepas Tim The Rising Tide A Resonance 2023, Danrem 042 Gapu Serukan Stop Wariskan Sampah

Berita

Didampingi Danrem 042 Gapu dan Kasdam II Sriwijaya, Kunjungan Tim Wasev TMMD Mabesad Disambut Dandim 0416 Bute